YouTuber Indonesia Ria Ricis dikatakan telah menyumbangkan uang AdSense di tengah tuduhan memonetisasi kematian ayah | Sentra Berita

  • Whatsapp

YouTuber Indonesia Ria Ricis mungkin dikenal karena vlog yang terlalu sensasional, tetapi kali ini dia berada di bawah pengawasan publik karena diduga mengeksploitasi kematian ayahnya melalui serangkaian video, di mana dia terus menayangkan iklan.

Ayah Ria, Sulyanto, meninggal dunia Jumat lalu saat ia mendaki gunung di Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk promosi jabatan. Dengan layanan teleponnya mati selama pendakian, dia hanya mendengar berita tentang kematian ayahnya ketika dia turun kembali. Oleh karena itu Ria tidak dapat menghadiri pemakaman ayahnya dan hanya berhasil mengunjungi makamnya ketika dia kembali ke Jakarta keesokan harinya, yang dia dokumentasikan dalam sebuah video berjudul Rumah Baru Papa (Rumah Baru Papa).

Bacaan Lainnya

Pada saat penulisan, setidaknya ada sembilan video terkait topik di salurannya, termasuk dua yang diunggah Ria pada hari Sabtu dan empat lainnya keesokan harinya, yang menunjukkan dia mengenang Sulyanto bersama keluarganya. Bukan hanya video yang menjadi pembicaraan di sekitar kota, karena menjadi jelas bahwa Ria juga terus memasang iklan, sehingga memicu tuduhan bahwa dia mendapatkan uang AdSense dari pengalaman yang sangat pribadi.

Banyak netizen yang menyamakan Ria dengan YouTuber Atta Halilintar, yang baru-baru ini mendapat kritikan karena diduga mengkomersialkan keguguran istrinya, sambil membandingkannya dengan kakak perempuannya, aktris dan ulama yang mengaku dirinya Oki Setiana Dewi, yang mendokumentasikan pemakaman ayah mereka di saluran YouTube-nya tetapi tanpa AdSense.

Menyusul kontroversi tersebut, suami Oki, Ory Vitri, datang membela Ria, dengan mengklaim bahwa kakak iparnya sering mendonasikan uang yang diperolehnya dari YouTube.

“Ada banyak orang [accusing] @riaricis1795 untuk [making content] dari kematian ayahnya … Tenang, AdSense [money is donated to] pesantren bagi para penghafal Al-Qur’an. Untuk setiap pendapatan yang diterima oleh manajemen, 10 persen atau bahkan lebih disumbangkan ke ahlul qur’an (orang-orang yang hidup dengan Al-Quran),” kata Ory, menambahkan bahwa Ria juga sering memberikan donasi secara diam-diam.

Ory kemudian meminta masyarakat untuk mendoakan Sulyanto karena keluarga mereka masih berduka atas kepergiannya.

Terlahir sebagai Ria Yunita, YouTuber berusia 25 tahun ini paling terkenal di kalangan generasi muda di Indonesia karena vlog hariannya, pranks, dan kolaborasi dengan vloggers atau selebritas lainnya. Ria, yang saat ini memiliki lebih dari 25,7 juta pelanggan, sering menjadi berita utama nasional untuk kejahatan yang dia lakukan di videonya, meskipun dia terlibat dalam kontroversi selama awal pandemi COVID-19 tahun lalu karena diduga melanjutkan syuting video meskipun ada anjuran jarak sosial dari pemerintah.

Ikuti Sentra Berita di Instagram dan Indonesia untuk lebih banyak berita segar dan menarik di feed Anda.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *