Warna Seragam Satpam Akan Ganti Lagi karena Dianggap Mirip dengan Polisi – SentraBerita.com

  • Whatsapp

Profesi satpam setahun belakangan ini mencuatkan banyak fenomena. Mulai dari performa pelayanan satpam BCA yang konon tiada duanya, sampai sempat dibandingkan dengan polisi. 

Beberapa waktu lalu, muncul sebuah kebijakan mengenai seragam satpam yang warnanya disamakan dengan seragam polisi. Namun, ternyata kemiripan ini memunculkan kebijakan untuk mengubah kembali warna seragam satpam. Anggapannya tentu karena rancu membedakan antara polisi dan satpam itu sendiri. 

Rencana perubahan kembali ini bikin publik geleng kepala. Beberapa di antaranya juga menyebut warna seragam awal, akni putih biru, lebih bagus daripada harus berubah-ubah lagi. Lantas apa yang melatarbelakangi rencana ganti warna untuk kedua kalinya ini? 

Alasan awal mengganti warna seragam satpam 

Seragam satpam saat ini [Sumber gambar]

Profesi satpam memang tidak melalui training dan pendidikan formal seperti kepolisian. Serta masih banyak kesenjangan lain, seperti lingkup tugas, pendapatan dan posisi strukturalnya.

Oleh karena itu, saat pertama kali seragam satpam diubah menjadi sama dengan polisi, adalah dengan tujuan untuk memberikan kebanggaan para satpam dengan pekerjaan mereka. Hal ini disampaikan Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono. Selain itu, tujuannya agar tercipta kedekatan emosional dengan polisi. 

Seragam satpam rencananya ganti lagi dengan warna ini

Inilah Seragam Baru Satpam
Warna seragam satpam terlalu mirip polisi sehingga diganti [Sumber gambar]

Dan setelah pengumuman itu, kita banyak mengetahui bahwa seragam satpam hampir tidak berbeda dengan polisi. Kondisi ini mungkin bisa membuat rancu mengidentifikasi seseorang adalah polisi atau satpam. Inilah yang menjadi pertimbangan untuk kembali mengevaluasi pakaian dinas satpam tersebut. 

Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Satpam ke 41 pada tanggal 31 Januari nanti, akan diumumkan rancangan seragam baru untuk satpam. Namun untuk penerapannya sendiri menunggu setelah satu tahun terbitnya perpol. Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan. Warnanya atasan seragam adalah krem, sedangkan bawahannya tetap.

Publik masih mendukung warna awal seragam satpam 

Seragam satpam
Seragam satpam sebelum diganti [Sumber gambar]

Belum konsistennya ketetapan warna seragam satpam setelah setahun berlalu ini memunculkan komentar masyarakat. Tentu saja perubahan-perubahan seperti ini artinya ada biaya pengadaan dan sebagainya yang menjadi sorotan. 

Selain itu, memantau komentar netizen di media sosial yang menanggapi hal ini, banyak yang lebih setuju warnanya putih dan biru tua seperti dulu. Karena sudah identik denga profesinya dan lebih bagus. Sementara sebagian lain berkelakar jika nanti warnanya krem, akan seperti Inspektur Vijay. 

inspektur vijay
Imajinasi netizen tentang seragam baru satpam [Sumber gambar]

Belakangan ini memang ada beberapa kebijakan yang dianulir dari berbagai lini. Seperti vaksin yang sempat akan berbayar, harga swab test yang akhirnya bisa turun dan terakhir adalah seputar warna seragam satpam ini. 

Kalau menurut kalian, perlu nggak sih seragam satpam ini ganti warna?  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *