Warga Sleman Diminta Tak Mudik saat Nataru, Pergantian Tahun Tak Perlu Pesta

  • Whatsapp
Warga Sleman Diminta Tak Mudik saat Nataru, Pergantian Tahun Tak Perlu Pesta
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. Foto: Dok. Istimewa

Pemerintah Kabupaten Sleman, Yogyakarta, menanggapi kebijakan pemerintah pusat tentang penerapan PPKM Level 3 saat libur tahun baru. Pemkab meminta warga agar tidak mudik saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Aturan PPKM Level 3 itu bertujuan untuk membatasi mobilitas agar lonjakan kasus setelah Nataru bisa ditekan.

Bacaan Lainnya

"Untuk menjaga situasi pandemi COVID-19 di Sleman agar tetap kondusif warga Sleman yang perantau maupun yang di rantau diimbau agar tidak mudik saat libur Natal dan Tahun Baru," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Senin (22/11).

Kustini menyebut kegiatan silaturahmi masih bisa dijalankan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi. "Kegiatan silaturahmi masih bisa dilakukan secara virtual," imbuhnya.

Meski tidak mudik, warga Sleman tetap diminta untuk mematuhi protokol kesehatan. Masyarakat dilarang menggelar acara yang memicu kerumunan di saat pergantian tahun.

"Akhir tahun tidak perlu ada pesta dan acara," kata Kustini.

Kasus corona di Sleman sendiri sempat naik karena terdapat sejumlah klaster seperti klaster Sedayu, Bantul dan klaster pabrik tahu. Namun, Kustini mengeklaim kedua klaster tersebut telah tertangani.

"Sudah berhasil kita tekan, jadi tentu kita evaluasi agar tidak terulang lagi. Intinya kita masih akan sangat berhati-hati," pungkasnya.

Pemerintah Republik Indonesia akan menerapkan PPKM Level 3 pada momen libur Nataru atau Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Informasi itu disampaikan langsung Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy pada Rabu (17/11).

“Selama libur Nataru (Natal dan tahun baru), seluruh Indonesia akan diberlakukan peraturan dan ketentuan PPKM level 3,” ucap Muhadjir saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Antisipasi Potensi Peningkatan Kasus COVID-19 pada Libur Nataru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *