Viral Pengusaha Sumbang Rp2 Triliun untuk Bantu Tangani Covid-19, Siapakah Akidi Tio? – SentraBerita.com

  • Whatsapp

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu sesama di masa pandemi Covid-19 ini. Mulai dari membagi makanan atau kebutuhan pokok secara cuma-cuma, sampai menghibahkan sejumlah dana. Semua bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan, nilainya pun sama di mata Tuhan. Sama-sama mengandung niat baik dan kebaikan bagi sesama.

Beberapa waktu lalu, sejumlah dana dengan nilai fantastis dihibahkan untuk penanganan Covid-19 di Sumatera Selatan melalui Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dana tersebut diketahui diberikan oleh mendiang Akidi Tio. Sosoknya kemudian mengundang tanya, siapakah Akidi Tio? Mengapa ia menghibahkan dana fantastis tersebut? Berikut yang sudah SentraBerita.com rangkum untukmu.

Cerita di balik sumbangan Rp2 Triliun untuk tangani Covid-19

Suatu hari, Hardi Dermawan mendapatkan telepon dari salah satu anak pasiennya bernama Heriyanti. Pada perbincangan tersebut, Hardi dimintai tolong untuk menyerahkan bantuan berkaitan dengan Covid-19. Ia terkejut karena jumlah bantuan dana itu terbilang fantastis. Rp2 triliun diserahkan sebagai bantuan untuk penanganan Covid-19 dan juga kebutuhan bidang kesehatan lainnya.

Sumbangan Rp2 triliun dari Akidi Tio [sumber gambar]

Senin 26 Juni 2021 lalu, akhirnya dana bantuan tersebut diserahkan dengan diwakilkan kepada Irjen Pol Eko Indra Heri, Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan. Foto penyerahan sumbangan secara simbolis ini kemudian langsung viral. Tak hanya karena jumlah bantuan yang fantastis, namun juga tanda tanya akan siapa sosok pemberi sumbangan ini.

Tentang Akidi Tio, pengusaha dermawan yang sering membantu tapi tak ingin terekspos

Setelah foto sumbangan Rp2 triliun ini viral, tentu saja netizen ingin tahu siapa sosok Akidi Tio? Dilansir dari Kompas, Hardi yang dulu pernah menjadi dokter keluarga Akidi Tio, menyampaikan bahwa pria yang punya usaha bangunan hingga perkebunan ini memang dikenal low profile. Ia suka membantu sesama dan selalu berpesan tentang hal tersebut kepada anak-anaknya.

Unggahan Instagram polisi Sumsel [sumber gambar]

Karena sifat rendah hatinya itulah, nama Akidi Tio sangat jarangan terekspos bahkan sulit ditemukan di situs pencarian atau media sosial. Yang jadi rahasia umum adalah Akidi Tio merupakan seorang pengusaha yang berasal dari Langsa, Aceh Timur. Ia juga disebut pernah tinggal di Palembang. Akidi Tio memiliki tujuh anak, anak pertamanya sudah lama meninggal. Satu anaknya, Heriyanti, tinggal di Palembang dan lainnya menetap di Jakarta.

Setelah kabarnya heboh, keluarga Akidi Tio sampaikan pesan ini

Hebohnya sumbangan dengan nilai luar biasa ini, tentu membuat netizen penasaran tentang sosok Akidi Tio dan keluarganya. Banyak yang ingin tahu lebih lanjut dan bertemu dengan keluarga pengusaha ini. Namun ternyata, melalui Direktur Intelkam Polda Sumsel, Kombes Ratno Kuncoro, keluarga mendiang Akidi Tio menyampaikan bahwa keingintahuan tersebut membuat mereka kurang nyaman.

Kombes Pol Ratno Kuncoro [sumber gambar]

Selain itu, ada juga yang mempertanyakan ke mana dana tersebut akan ditransfer hingga bagaimana penyalurannya nanti. Menanggapi hal tersebut, Kombes Ratno Kuncoro menjelaskan bahwa donasi ini akan disalurkan secara transparan dan terbuka. Tentang ke mana uang dari keluarga mendiang Akidi Tio akan dikirimkan, ia menyebut sedang dalam diskusi. Pun nantinya, media akan diberitahu proses dan hasil penyaluran sumbangan tersebut.

BACA JUGA: Tak Banyak Bicara, 5 Artis Ini Turut Bantu Nakes dan Masyarakat Hadapi Covid-19

Satu lagi nama tak terkenal menjadi pahlawan di masa pandemi. Semoga, meski tidak harus dengan nominal yang fantastis, makin banyak sosok seperti Akidi Tio yang membantu penanganan Covid-19. Jika kamu ingin turut membantu, bisa dimulai dengan selalu menerapkan protokol kesehatan di mana pun dan kapan saja tanpa terkecuali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *