Tunisia Selamatkan 48 Imigran Ilegal yang Terombang Ambing di Perahu Mogok

  • Whatsapp
Tunisia Selamatkan 48 Imigran Ilegal yang Terombang Ambing di Perahu Mogok
Ilustrasi kapal imigran. Foto: Angelos Tzortzinis/AFP

Penjaga pantai Tunisia menyelamatkan 48 imigran ilegal yang berusaha mencapai Eropa. Para imigran ilegal tersebut menyeberang melalui perairan Tunisia menuju Libya dengan menggunakan perahu darurat.

Seorang petinggi di Bulan Sabit Merah, Mongi Slim, mengatakan para imigran tersebut diselamatkan usai terombang ambing di lautan karena mesin perahu yang mereka tumpangi mogok.

Bacaan Lainnya

Diketahui, gerakan Bulan Sabit Merah Internasional adalah jaringan kemanusiaan terbesar di dunia, bersanding dengan gerakan Palang Merah.

Sementara, di antara 48 imigran ilegal tersebut, 15 di antaranya berasal dari Mali; 15 lainnya dari Suriah dan empat dari Mesir. Tak dijelaskan sisanya. Diketahui, Libya, negara yang mereka tuju, merupakan pintu masuk menuju Eropa.

Adapun para imigran ilegal yang diselamatkan dibawa ke pelabuhan El Ketef, Tunisia, sebelum disalurkan ke tempat Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM).

IOM mengatakan bahwa 23.000 orang telah meninggal atau hilang di Laut Mediterania sejak 2014 ketika mencoba mencapai Eropa. Untuk tahun ini saja, angkanya hampir menyentuh 1.700.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *