Tsunami 1,2 Meter Terjang Jepang

  • Whatsapp
Tsunami 1,2 Meter Terjang Jepang
Foto satelit Himawari-8, satelit cuaca Jepang, menunjukkan letusan gunung berapi bawah laut di negara Pasifik Tonga. Foto: Japan Meteorology Agency/ via AP

Letugas gunung api bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha’apai di Tonga menyebabkan tsunami menerjang pantai di Jepang. Tsunami tersebut selang beberapa menit usai peringatan dini dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Jepang.

Dikutip dari NHK, Sabtu (15/1), tsunami teramati sudah menerjang Pulau Amami Ohshima pada pukul 23.55 waktu Jepang. Tingginya 1 meter 20 sentimeter.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan dini tsunami di sekitar Pulau Amami selatan dan Pulau Tokara di Prefektur Kagoshima.

Tsunami 1,2 Meter Terjang Jepang (1)
Tsunami melanda Jepang. Foto: BMKG Jepang

Tsunami yang akan datang bahkan diperkirakan setinggi 3 meter. Semua daerah di pesisir pantai yang menghadap Samudera Pasifik diminta untuk waspada.

Adapun aktivitas gunung api bawah laut itu sudah meningkat sejak Jumat (14/1). Pusat Geologi Tonga mengabarkan, saat itu gunung memuntahkan abu dan material vulkanik setinggi 20 km ke udara.

Tsunami sendiri sudah melanda ibu Kota Tonga yakni Nuku’aloffa. setinggi 1,2 meter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *