Tips Melamar Kerja ala Jobstreet: Rajin Update Profil dan Skill

  • Whatsapp
Acara konferensi pers virtual Jobstreet dok Jobstreet
Ada berbagai tips karier yang bisa kamu ikuti. Salah satunya cara agar lancar dalam melamar pekerjaan.
Menurut Jobstreet, salah satu tips melamar kerja melalui platform adalah dengan mengikuti seluruh tata cara atau prosedur yang dianjurkan dalam platform.

“Kalau sudah menggunakan platform, salah satunya JobStreet, semua tata caranya diikuti. Karena banyak sekali orang cari kerja, masuk ke JobStreet tapi enggak semuanya diikutin,” ujar Sawitri Hertoto selaku Country Marketing Manager JobStreet Indonesia, dalam konferensi pers virtual belum lama ini.

Sebagai contoh, Sawitri menyebutkan pengguna platform harus melakukan registrasi terlebih dahulu, kemudian memperbarui profilnya.

Bacaan Lainnya
“Jadi profil ini harus di-update. Sebab algoritma akan membaca semua skill yang ditaruh di situ dan juga ini memudahkan bagi HR untuk memfilter,” lanjutnya.

Update Skill Juga Penting dalam Melamar Kerja

Ilustrasi Wawancara Kerja Online. Foto: Shutterstock

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menambahkan, kemampuan atau skill merupakan hal utama yang penting untuk dimiliki sebelum melamar pekerjaan.

“Yang pertama adalah lengkapi dirimu dengan skills. Skill itu tidak satu. Skill itu harus kompleks, karena melakukan pekerjaan itu memang kompleks. Kemudian lengkapi dan upgrade, update skills itu secara terus menerus karena tantangan pekerjaan itu selalu berubah,” ungkap Denni.

Ilustrasi CV Foto: Shutterstock

Selain itu, Denni menjelaskan bahwa salah satu hal yang banyak diabaikan oleh pelamar adalah tidak menulis surat lamaran dan CV dengan baik. Padahal penulisan yang baik merupakan penilaian dari perusahaan.

“Yang penting juga adalah tulis surat lamaran kamu itu dengan sangat baik. Jadi sangat baik itu pertama simple, pendek, tapi jangan ada salah ketik satu pun. Itu kelemahan dari angkatan kerja Indonesia. Tidak teliti, buru buru, asal submit, sukanya mepet-mepet. Itu tolong diubah kultur itu semua,” tegasnya.

Ilustrasi Wawancara Kerja Online. Foto: Shutterstock

Mei Shinta selaku Human Resources PT Santos Jaya Abadi juga memberikan tips. Salah satunya melakukan latihan wawancara.

“Persiapan itu penting banget. Persiapan juga bisa latihan-latihan misanya latihan interview. Pastikan juga sudah sesuai dengan posisi yang dilamar dan kenali perusahaannya. Ketika interview bisa menjawab tentang perusahaan itu bisa jadi nilai plus,” kata dia.

Virtual Career Fair Jobstreet

Sementara itu, JobStreet Indonesia kembali menggelar Virtual Career Fair mulai 14 hingga 16 Oktober 2021. Akan ada 270 perusahaan serta ribuan lowongan pekerjaan di acara ini.

Acara Virtual Career Fair yang merupakan kolaborasi bersama Kartu Prakerja itu, akan menyediakan fitur Chat Booth dan Live Chat. Sehingga peserta dapat berinteraksi langsung dengan pihak perusahaan.

Selain itu, akan ada pula 20 webinar serta mentor-mentor yang membimbing para pencari kerja dalam Virtual Career Coatch.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *