Tes PCR sekarang Rp495 ribu sementara tes antigen mulai dari Rp85 ribu di Kimia Farma karena harga diturunkan | Sentra Berita

  • Whatsapp

Untuk mewujudkan keinginan pemerintah agar tes swab dapat diakses lebih banyak orang Indonesia, produsen dan distributor farmasi negara Kimia Farma menjadi salah satu yang pertama memangkas harga tes, termasuk tes PCR, yang telah diturunkan hampir setengahnya.

Starting Aug. 17, Kimia Farma labs in Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, and Makassar are charging IDR495K for a PCR swab test.

Seperti yang diperintahkan Presiden Joko Widodo, Kementerian Kesehatan sebelumnya menurunkan pagu harga untuk tes PCR dari Rp900 ribu menjadi Rp495 ribu di Jawa dan Bali dan Rp525 ribu di luar dua pulau.

Namun penurunan harga alat diagnostik COVID-19 tidak terbatas pada tes PCR, karena Kimia Farma kini mengenakan biaya Rp125 ribu untuk tes antigen merek Abbott-Panbio dan Rp85 ribu untuk semua tes antigen lainnya.

Kimia Farma belum mengumumkan kapan penurunan harga akan diterapkan di daerah lain, meski diperkirakan akan segera menyusul. Kimia Farma juga diharapkan bisa menjadi benchmark harga swab test laboratorium lain.

Bahkan, beberapa laboratorium swasta besar, seperti Bumame, juga telah menurunkan harga tes PCR menjadi Rp495 ribu di Jabodetabek dan Bandung. Namun, di tingkat harga itu, hasilnya akan tersedia dalam waktu 24 jam — mereka yang terburu-buru masih harus membayar lebih untuk hasil yang lebih cepat.

US$1=Rp14,383

Berlangganan The Sentra Berita Podcast untuk berita dan budaya pop trending teratas dari Asia Tenggara dan Hong Kong setiap hari Jumat!

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *