Tak Disangka-Sangka! Inilah 7 Olahraga Bikin Panjang Umur yang Wajib Kamu Lakukan – SentraBerita.com

  • Whatsapp

SentraBerita.com.co.id — Berolahraga rutin yang dikombinasikan dengan gaya hidup sehat adalah kunci utama umur panjang. Beberapa olahraga bikin panjang umur ini bisa dipilih dan disesuaikan setiap harinya.

Hal tersebut demi menjauhkanmu dari rasa bosan dalam melakukan olahraga tersebut setiap harinya. Dengan begitu, tetap merasa senang walaupun olahraga yang dilakukan terbilang berat.

Bacaan Lainnya

Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah tujuh olahraga bikin panjang umur yang wajib kamu lakukan mulai dari sekarang. Beberapa penelitian sudah menunjukkan bukti terkait manfaat dari olahraga-olahraga tersebut.

Berikut adalah Olahraga Bikin Panjang Umur

1. Jogging

Olahraga bikin panjang umur pertama adalah jogging. Olahraga satu ini termasuk salah satu orang murah meriah karena kamu tidak memerlukan perlengkapan tambahan di luar satu stel pakaian dan sepatu.

Jogging sendiri terbukti dalam meningkatkan kualitas hidup seseorang. Salah satu penelitian di British Journal of Sports Medicine menyebutkan lari santai sekali seminggu bisa menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung.

Pasalnya, jogging mampu melatih jantungmu untuk menjadikannya lebih kuat di setiap detaknya. Hal inilah yang menjadikan olahraga bikin panjang umur tersebut dapat mencegah tubuh dari penyakit jantung.

Di samping itu, jogging dan lari secara rutin mampu membantu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Olahraga ini menstimulasi produksi sel lipoprotein desitas tinggi yang bantu jaga keseimbangan kolestrol dalam darah.

Jogging via @tirachard-kumtanom-112571

2. Berenang

Olahraga bikin panjang umur berikutnya adalah berenang. Aktivitas air satu ini mungkin kerap dikaitkan sebagai salah satu olahraga yang terbilang paling efektif dalam membantu seseorang untuk menaikkan tinggi badan.

Di samping sebagai olahraga untuk menaikkan berat badan, berenang pun tergolong sebagai latihan kardio berkualitas. Berenang mampu meningkatkan kesehatan jantung dan memperkuat oto.

Salah satu penelitian menyebutkan bahwa berenang secara teratur dapat menurunkan angka kematian sebanyak 28 persen. Orang yang rutin berenang tersebut memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung lebih rendah pula.

Selain itu, olahraga bikin panjang umur ini memberi keuntungan terbesar pada paru-paru. Meningkatkannya kapasitas paru-paru adalah manfaat yang bisa didapat jika kamu berenang secara rutin.

Berenang olahraga bikin panjang umur
Berenang via pexels.com/@mali

Baca Juga: 10 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


3. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang ngehits saat ini. Tak mengherankan jika setiap paginya, kamu bisa menemukan banyak orang bersepeda baik untuk sekadar olahraga ataupun berangkat ke kantor.

Olahraga bikin panjang umur tersebut sendiri dipilih karena terbilang menyenangkan untuk dilakukan. Namun, tetap saja, manfaat bersepeda yang ditawarkan terbilang sangat baik untuk kesehatan.

Salah satu buktinya adalah studi yang dipublikasi di British Journal of Sports Medicine. Studi tersebut melaporkan bersepeda dapat menurunkan risiko seluruh penyebab kematian hingga 10 persen.

Untuk melakukannya, kamu tak perlu durasi yang lama kok. Cukup bersepeda selama minimal 30 menit dan dilakukan rutin, kamu bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Bersepeda olahraga bikin panjang umur
Bersepeda via pexels.com/@brett-sayles

4. Senam Jantung Sehat

Menjaga kesehatan jantung agar tetap terjaga adalah sebuah kewajiban. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga agar kesehatan jantung tetap terjaga adalah dengan rutin berolahraga.

Salah satu yang Bob rekomendasikan sebagai olahraga untuk jantung adalah senam jantung sehat. Olahraga tersebut memiliki berbagai gerakan yang akan meningkatkan kinerja jantungmu.

Dengan begitu, alirah darah ke seluruh tubuh akan lebih lancar. Di samping itu, senam jantung sehat mampu mencegah kerusakan pembuluh darah, serta menurunkan kolesterol, gula darah, dan tekanan darah.

Melakukan olahraga seperti senam jantung sehat ini secara rutin akhirnya mampu menjaga jantung agar tetap sehat. Hal ini pulalah yang membuat seseorang akan panjang umur.

Gerakan awal squat jump olahraga bikin panjang umur
Gerakan awal squat jump via pexels.com/@gabby-k

Baca Juga: Tetap Bugar Walau Hujan, Ini Dia 10 Olahraga Saat Musim Hujan Yang Bisa Dilakukan


5. Olahraga Tim

Olahraga tim seperti basket, sepak bola, badminton, hingga futsal kerap jadi pilihan olahraga saat bersama teman. Pasalnya, tak hanya sehat, canda tawa bisa didapat dari olahraga tim tersebut.

Nah, sebuah studi baru-baru menunjukkan bahwa olahraga tim tersebut termasuk olahraga bikin panjang umur. Penelitian tersebut dilakukan oleh para peneliti dari The Copenhage City Heart Study.

Pada penelitian tersebut, orang yang berlatih dalam olahraga tim dapat berumur panjang daripada yang lebih suka bermain solo. Para ahli mengklaim interaksi sosial meningkatkan kesehatan mental.

Untuk itu, jika kondisinya sudah memungkinkan, ada baiknya untuk menyisakan waktu luangmu untuk olahraga bikin panjang umur ini. Pilihan olahraga bisa disesuaikan dengan olahraga yang bisa kamu mainkan.

Sepak bola olahraga bikin panjang umur
Sepak bola via unsplash.com/@alliancefc

6. Yoga

Yoga adalah olahraga bikin panjang umur lainnya. Olahraga satu ini terkenal sebagai olahraga yang tak hanya baik untuk kesehatan fisik tetapi juga berpengaruh positif untuk kesehatan mentalmu juga.

Gerakan pada olahraga bikin panjang umur sendiri dapat menstimulasi aliran darah ke organ. Tak hanya itu, gerakan-gerakan tersebut mampu meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh.

Sebagai olahraga yang memfokuskan latihan fleksibilitas, meditasi, dan pengelolaan stres, olahraga ini akan cocok bagi kamu yang sedang ingin mendapatkan ketenangan di tengah situasi yang tak menentu di sekitarmu.

Selain kesehatan fisik yang terjadi, salah satu faktor yang berpengaruh untuk umur panjang adalah terjaganya kesehatan mental. Keduanya bisa kamu jaga secara beriringan dengan melakukan yoga secara rutin.

Yoga olahraga bikin panjang umur
Yoga via pexels.com/@alexy-almond

Baca Juga: Tidak Sesulit Itu, Ini Dia 7 Cara Awal Memulai Pola Hidup Sehat!


7. Kalistenik

Olahraga bikin panjang umur terakhir adalah kalistenik. Bagi kamu yang belum tahu, kalistenik adalah aktivitas latihan beban yang memanfaatkan berat tubuh. Sit-up dan push-up adalah beberapa contoh aktivitasnya.

Melakukan aktivitas satu ini secara rutin di rumah mampu memberikan beberapa manfaat. Beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan antara lain meningkatnya massa otot dan optimalnya metabolisme.

Bahkan, melakukan kalistenik selama satu setengah jam selama seminggu dipercaya mampu memperpanjang usia hingga 3,2 tahun. Untuk itu, alangkah baiknya jika kamu mulai dari sekarang untuk melakukannya.

Selain mudah dilakukan di rumah, alat tambahan untuk olahraga bikin panjang umur ini terbilang minim. Namun, kamu wajib ekstra waspada karena potensi cedera saat melakukan olaraga ini cenderung besar.

Push-up olahraga bikin panjang umur
Push-up via pexels.com/@ivan-samkov

Tenangkan Dirimu dengan Staycation di SentraBerita.com

Ingin menenangkan diri di tengah situasi yang tak menentu? Tenangkan dirimu dengan staycation di SentraBerita.com. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas keren seperti lampu LED yang siap memberikan suguhan bersantai yang berkualitas.

Informasi lebih lanjutnya bisa kamu dapat di aplikasi SentraBerita.com yang bisa diunduh di sini.

promo bobobox

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *