Susul Branson, Jeff Bezos Orang Terkaya Dunia ke Luar Angkasa

  • Whatsapp

Jakarta, Sentra Berita Indonesia – Perlombaan orang terkaya dunia untuk menembus tepi luar angkasa terus terjadi. Sebelumnya miliarder Richard Branson pemilik Virgin Galactic telah lebih dulu sukses ke luar angkasa pada 11 Juli lalu.

Pada 20 Juli 2021 nanti, perusahaan luar angkasa Jeff Bezos, Blue Origin akan melakukan hal sama dengan pesawat New Shepard Blue Origin. Momen 20 Juli akan menandai peringatan ke-52 tahun pendaratan Apollo 11 di Bulan.

Turut dalam penerbangan itu Jeff Bezos dan saudaranya Mark Bezos. Selain itu ada dua orang lainnya yaitu pelopor kedirgantaraan legendaris Wally Funk.

Yang menarik, ada sosok Oliver Daemen yang baru berusia 18 tahun, juga terbang menggantikan penawar pemenang lelang penerbangan ini pada bulan lalu senilai US$28 juta yang sosoknya masih dirahasiakan.

Siswa jurusan fisika ini menggantikan pemenang lelang, yang menurut Blue Origin tidak bisa terbang dalam misi “karena masalah penjadwalan.” Blue Origin mengatakan pemenang lelang “telah memilih untuk terbang dalam misi New Shepard pada masa depan.”

Blue Origin menyebut Daemen sebagai “pelanggan pertama yang membayar” yang terbang dengan New Shepard, tetapi tidak diungkapkan berapa banyak yang dibayarnya.

Daemen akan menjadi orang termuda yang terbang ke luar angkasa, sedangkan Wally Funk yang berusia 82 akan menjadi orang tertua yang menjadi astronot ke tepi luar angkasa.

Seperti diketahui roket New Shepard, akan membawa kapsul ke ketinggian lebih dari 340.000 kaki. Roket ini telah menerbangkan lebih dari selusin penerbangan uji yang sukses tanpa penumpang, termasuk satu pada April di fasilitas perusahaan di Gurun Texas.

Pesawat ini dirancang untuk membawa hingga enam orang dan terbang tanpa perlu pilot, sedangkan Virgin Galactic punya Richard Branson  masih memerlukan dua pilot. Kapsul tersebut memiliki jendela besar untuk memberikan penumpang pemandangan bumi di bawah selama sekitar tiga menit dalam gravitasi nol, sebelum kembali ke Bumi.

“Saya ingin melakukan penerbangan ini karena hal yang ingin saya lakukan sepanjang hidup saya,” kata Bezos yang merupakan orang terkaya sejagad ini dalam sebuah video yang diposting di Instagramnya beberapa waktu lalu dikutip dari Sentra Berita International, Kamis (15/7).

Jeff Bezos mendirikan Blue Origin pada 2000 dan memiliki perusahaan ini sepenuhnya, pendanaan melalui penjualan saham dari saham Amazon miliknya.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *