Spek minimum PC yang bisa diinstal Windows 11, gak sembarangan!

  • Whatsapp

Microsoft pada bulan Juni kemarin resmi merilis sistem operasi Windows 11. Saat diluncurkan, sejumlah pengguna kebingungan lantaran perangkat Windows 10 mereka tidak kompatibel untuk di-upgrade ke sistem operasi terbaru tersebut.

Microsoft sendiri baru-baru ini menjelaskan bahwa pengguna yang komputernya tidak sesuai standar, maka tidak bisa memasang alias install Windows 11. Hal itu dilakukan Microsoft demi alasan keamanan perangkat pengguna.

“Kami tahu itu menyebalkan bahwa beberapa perangkat tidak memenuhi syarat untuk Windows 11. Tapi hal yang perlu diingat adalah alasan kami melakukannya adalah untuk menjaga agar perangkat lebih produktif, memiliki pengalaman yang lebih baik, dan keamanan yang lebih baik dari sebelumnya agar mereka tetap terlindungi,” ujar Program Manager Microsoft, Aria Carley, disitat BGR, Jumat 30 Juli 2021.

Windows 11. Foto: Microsoft

Kebanyakan pengguna mengeluhkan Windows 11 tidak bisa dipasang di perangkatnya karena tidak memiliki modul Trusted Platform Module alias TPM 2.0. Selain itu, sejumlah perangkat pengguna juga tidak memiliki spesifikasi standar yang jadi syarat untuk bisa memasang sistem operasi baru tersebut.

Lantas, apa saja spek minimum PC atau komputer agar bisa dipasang Windows 11? Berikut ini adalah daftarnya yang dikutip dari laman Suara. Simak baik-baik ya, Hopers!

  1. Minimal memiliki RAM 4 GB
  2. Memiliki minimal 64 GB ruang memori internal
  3. Prosesor minimal berkecepatan 1 GHz. Berikut daftar prosesor yang sudah memenuhi syarat dari tiga pabrikan chipset: Intel, AMD, dan Qualcomm.
  4. Kartu grafis yang kompatibel dengan DirectX12 dan Windows Display Driver Model (WWDM) 2.0
  5. Layar komputer minimal seluas 9 inci dan mendukung resolusi minimal 720p.
Windows 11. Foto: The Verge
Window 11. Foto: The Verge

Seperti telah disebut, TPM 2.0 juga dibutuhkan untuk bisa Windows 11 dipasang di komputer pengguna. Menurut laman Suara, TPM biasanya otomatis tersedia di chipset Intel maupun AMD yang dirilis dalam lima atau tujuh tahun terakhir. Namun bagi pengguna yang tidak memilikinya, maka bisa membeli TPM secara terpisah.

Intel dan AMD sudah menambahkan teknologi TPM ke produk-produk yang dirilis sejak 2013 lalu. Teknologi ini rata-rata sudah mendukung TMP 2.0. Di Intel, teknologi ini biasanya dinamai Intel Platform Trust Technology (Intel PTT). Sementara AMD menamainya AMD Platform Security Processor (AMD PSP fTPM)

Untuk mengecek apakah laptop atau komputer kamu sudah mendukung TPM 2.0, maka tinggal ketik tpm.msc di kolom pencarian Windows 10 atau ketik di shortcut Windows+R.

Pengguna lalu akan diarahkan ke TPM Management on Local Computer. Jika statusnya tertulis ‘The TPM is ready for use’, maka perangkat bisa menginstal Windows 11.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *