Sinopsis & Review Reply 1997, Cinta & Persahabatan yang Hangat

  • Whatsapp

Jauh sebelum ada Reply 1988, Reply 1997 lebih dulu membuat penonton jatuh hati dengan cerita yang ditulis oleh Lee Woo Jung, Lee Sun Hye dan Kim Ran Joo ini. Sama seperti pendahulunya, Reply 1997 pun masih mengangkat kisah percintaan dan persahabatan remaja yang berusia belasan tahun yang masih dipenuhi energi melimpah untuk melakukan apapun sesuai keinginannya.

Namun, kesamaan pada kisah tidak membuat ceritanya menjadi sebuah repetisi yang membosankan. Keahlian sutradara Shin Won Ho dan para penulis cerita meramu cerita berhasil membuat penonton drama selalu menantikan Reply Series. Nah, kami akan suguhkan sinopsis Reply 1997 untuk kamu yang penasaran.

Sinopsis

Sinopsis & Review Reply 1997, Cinta & Persahabatan yang Hangat 1
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Youth, Drama, School, Romance
  • Sutradara: Shin Won Ho
  • Produksi: CJ E & M
  • Pemeran: Jugn Eun Ji, Seo In Guk, Hoya, Eun Jiwon, Shin So Yul, Lee Si Eon
  • Jumlah Episode: 16

Tayang di tahun 2012, bagian dari Reply Series karya sutradara Shin Won Ho ini menjadi salah satu drama populer yang disukai oleh penonton. Alur cerita dalam Reply 1997 ini maju mundur yang mengisahkan antara persahabatan 6 orang di usia 18 tahun dan saat mereka berusia 33 tahun.

Fokus cerita ada pada Sung Siwon (Jung Eun Ji) dan Yoon Yoon Jae (Seo In Guk). Orang tua Siwon dan orang tua Yoon Jae adalah sahabat. Maka, semenjak orang tua Yoon Jae meninggal, Yoon Jae dan kakaknya dekat dengan keluarga Siwon. Keduanya bahkan dianggap anak oleh orang tua Siwon.

Meskipun keduanya tumbuh bersama dan saling tahu karakter masing-masing, Siwon dan Yoon Jae menghabiskan hari-hari mereka dengan bertengkar dan saling mengejek. Tidak ada hari tanpa keributan dan pertengkaran. Bisa dibilang kedua orang ini adalah teman ribut yang menyenangkan.

Pemicu keributan mereka adalah karakter yang berbeda. Siwon di 18 tahun adalah seorang remaja tomboy, pembangkang dan ceroboh. Ia bukan anak yang mengutamakan sekolahnya.

Gadis yang fasih berbicara dalam logat Busan ini adalah remaja yang mengutamakan idolanya, H.O.T dibandingkan dengan sekolahnya. Ia bahkan berani bolos hanya untuk mengikuti kegiatan H.O.T dan datang ke konser plus fanmeet.

Dalam hal cinta, Siwon sama sekali buta. Ia bahka tidak menyadara bahwa dua orang laki-laki di sekitarnya menaruh hati padanya. Nah, bagian ini akan jadi twist menarik yang mengungkap siapa suami Siwon di dalam akhir cerita.

Sementara itu, Yoon Yoon Jae merupakan seorang murid teladan di sekolah. Ia berprestasi di bidang akademik dan olahraga. Ia juga adalah remaja yang bisa memikat hati perempuan dengan wajah gantengnya. Selain itu, sikap dinginnya justru semakin membuat cewek-cewek penasaran.

Tapi sayangnya Yoon Jae selalu bersikap dingin terhadap cewek-cewek di sekolahnya yang mengejarnya. Namun, meskipun Yoon Jae adalah siswa teladan di sekolahnya, sebetulnya ia adalah anak yang kikuk dan tidak mudah bergaul dengan teman lainnya. Sikap dinginnya adalah topeng untuk menyembunyikan karakter aslinya.

Untungnya dia dikeliling oleh 6 sahabat yang akan terus bersamanya sampai usia dewasa. Kamu akan melihat suka duka sekelompok remaja ini dalam Reply 1997. Ada kisah sedih, haru, bahagia, dan kisah romantis manis yang jadi bumbu-bumbu yang melengkapi kisah seru perjalanan remaja ini.

Potret Seorang Fans Idol Fanatik Generasi 1

Sinopsis & Review Reply 1997, Cinta & Persahabatan yang Hangat 3

Berbeda dari Reply Series pendahulunya yang terang-terangan mengangkat kisah romantis para protagonis, Reply 1997 malu-malu mengungkap perasaan cinta. Khas remaja sekali, ya.

Kalau kamu penggemar berat drama serial Reply, kamu pasti sudah bisa menebak bahwa drama ini pasti mempunyai latar waktu yang jadi kekuatannya. Shin Won Ho selalu berusaha mengangkat isu sosial di tahun tersebut. Nah, Ia bisa mempertahankan ciri khasnya pada drama ini.

Reply 1997 menceritakan situasi Korea saat itu di mana Kpop mulai menjangkiti remaja di Korea. Fanatismu para penggemar terhadap idolanya bukan main-main.

Sung Siwon adalah potret nyata di mana remaja di usianya bisa segila itu memuja idolanya. Ia digambarkan sebagai penggemar berat H.O.T militan. Ia tidak hanya sekedar menyukai, bagi gadis 18 tahun itu, idol grup generasi pertama itu adalah pusat hidupnya.

Reply 1997 memasukan sisi fanatisme Siwon terhadap idolanya dalam porsi yang banyak di mana hal itu pun terjadi pada remaja seusianya yang lain. Ia bahkan menyebut dirinya sebagai “Istri Tony”, salah satu member H.O.T. Fanatisme terhadap H.O.T bahkan memicu pertengkaran dengan ayahnya, Sung Dong Il.

Suatu hari Siwon pergi ke Seoul hanya untuk mengikuti kegiatan H.O.T dan bolos sekolah. Mendengar hal itu, Sung Don Il sangat murka sampai ia tega memotong pendek rambut anak gadisnya tersebut model Dora.

Apakah itu membuatnya berhenti menyukai H.O.T? Tidak sama sekali. Pertengkaran tersebut sama sekali tidak menyurutkan kecintaannya pada Tony Ahn. Sekalipun semua koleksi poster dan merchandise yang bertahun-tahun dikumpulkannya dirobek oleh ayahnya, Siwon tidak bergeming.  

Plot Twist yang Menarik

Sinopsis & Review Reply 1997, Cinta & Persahabatan yang Hangat 5

Sisi lain yang seru dari kisah dalam Reply 1997 adalah percintaan Siwon. Siwon adalah gadis tomboy yang tidak peduli dengan hal-hal yang seharusnya dipikirkan dengan serius. Yang ada di kepalanya adalah H.O.T dan Tony Ahn.

Perasaan Yoon Jae yang tumbuh seiring kebersamaan mereka pun tidak disadari oleh Siwon. Yang ia tahu adalah Yoon Jae berubah dan sikapnya tidak seperti dulu lagi. Yoon Jae menjaga jarak dan tidak lagi melayani konfrontasi Siwon yang biasanya berujung pada pertengkaran.

Yang paling buruk adalah kisah cinta segitiga yang dialami Siwon ternyata adalah antara Yoon Jae dan kakak kandungnya sendiri, Yoon Tae Woong (Song Jong Ho). Yoon Jae tahu bahwa kakaknya menyukai Siwon. Ia merasa tidak mungkin bersaing dengan kakaknya sendiri.

Persaingan dengan keluarga sendiri tentunya bukan sesuatu yang tidak bisa ia lawan. Apalagi jika kakak tersebut adalah satu-satunya keluarganya yang tersisa dan orang yang sangat ia sayangi. Bisa dibayangkan betapa pelik dilemma yang menjerat Yoo Jae.

Satu lagi twist menarik dari Reply 1997 yang bisa membuatnya terkejut. Bukan Yoon Jae saja yang pusing dengan kisah cinta. Joon Hee (Hoya) pun punya kisah yang tidak kalah pelik. Joon Hee telah lama mengenal Siwon. Ia pun termasuk yang paling dekat dengan Siwon. Keakraban Siwon dan Joon Hee bahkan membuat Yoon Jae cemburu.

Ia merasakan bahwa Joon Hee sangat perhatian pada Siwon dan pemuda itu berpikir bahwak bahwa Joon Hee adalah lelaki baik-baik yang sangat memahami perempuan. Jadi, wajar saja jika Siwon tertarik pada Joon Hee.

Namun, suatu ketika Joon Hee mengungkap perasaannya pada Siwon bahwa ia menyukai Yoon Jae. Yup. Di sini Hoya memerankan peran gay yang menyukai temannya sendiri. Padahal selama ini ia berhasil menyembunyikan sisi lain dari hidupnya itu pada semua orang.

Hal ini berat bagi Joon Hee karena ia mempunyai perasaan yang dianggap tidak lazim, plus terhadap temannya sendiri yang justru menyukai Siwon. Ini adalah cinta segitiga lain yang sangat rumit.

Pengaruh Idol Terhadap Pertemanan

Sinopsis & Review Reply 1997, Cinta & Persahabatan yang Hangat 7

Masih ada hubungannya dengan fanatisme Siwon terhadap H.O.T. H.O.T memang hanya diceritakan dalam drama ini. Namun, salah satu idol grup paling popular di Korea saat itu adalah pengaruh terbesar dalam hidup Siwon. Mereka adalah segalanya bagi gadis itu.

Ketika mendapati sahabat karibnya sendiri, Yoo Jung (Shin So Yul) menyukai rival H.O.T, Sechs Kies, ia marah besar dan menjauhi Yoo Jung. Ia merasa dikhianati oleh sahabatnya sendiri karena telah pindah kubu. Ternyata rasa cintanya pada H.O.T tidak sebesar Siwon.

Yoo Jung memang cewek yang mudah menyukai cowok karena wajah ganteng. Ia pun pernah tertarik pada Yoon Jae karena wajah gantengnya dan semua hal-hal keren dari Yoon Jae. Yang melatar belakangi Yoo Jung pindah haluan pun karena hal yang sama. Ia tertarik dengan Sechs Kies yang dinilai lebih mempesona dan lebih ganteng.

Bernostalgia dengan Barang-Barang Populer di Tahun 90-an

Sinopsis & Review Reply 1997, Cinta & Persahabatan yang Hangat 9

Generasi 90-an pasti serasa dibawa kembali ke kenangan masa-masa bermain dengan menggunakan benda-benda yang digunakan oleh para pemeran di drama ini. Kamu pasti tahu bahwa di rentang waktu 1997 Walkman adalah benda yang bikin di pemakainya terlihat keren.

Pemutar musik portable itu adalah benda modern yang dianggap sebagai starter pack anak gaul di masa itu. Banyak remaja yang menyumpal telinganya dengan earphone Walkman sambil kepalanya mengangguk-angguk mengikuti irama yang keluar dari earphone.

Siwon adalah salah satu yang sering menggunakan Walkman. Selaku penggemar H.O.T yang lagu-lagunya popular, Siwon tak bisa berhenti menggunakan Walkman. Selain itu, benda tersebut adalah teman tidur yang paling setia di sekolah. Setiap kali Siwon tertidur di kelas, Walkman-nya tidak pernah lepas dari telinganya.

Nah, selain itu ada Tamagotchi yang jadi benda kesayangan Bang Song Jae (Lee Si Eon). Song Jae adalah penggembira dalam drama ini. Ia adalah salah satu teman Siwon yang sangat berisik dan banyak ngomong tapi paling loyal. Semua hal pasti tak luput dari komentar cowok satu ini.

Yang paling lucu adalah Song Jae tergila-gila dengan Tamagotchi. Pasti tahu dong benda apa itu? Tamagotchi adalah game konsol portable yang dirilis oleh Bandai, perusahaan permainan asal Jepang. Permainan ini sangat populer di tahun 1997. Pemainnya disebut dengan majikan Tamagotchi.

Layaknya mempunyai binatang peliharaan, majikannya harus rutin memberi makan, membersihkan kamar, dan berkomunikasi. Nah, itulah yang dilakukan oleh Song Jae. Ia sangat telaten memelihara Tamagotchi-nya. Pembicaraannya pun tak jauh-jauh dari Tamagotchi.

Kisah Percintaan Yoo Jung dan Do Hak Chan Jadi Scene Stealer

Sinopsis & Review Reply 1997, Cinta & Persahabatan yang Hangat 11

Sejak awal sinopsisnya muncul, kisah cinta dalam drama ini adalah antara Siwon dan Yoon Jae. Dari mulai episode awal barangkali kita sudah bisa menebak akan ada kisah seru antara dua tokoh utama tersebut.

Namun, di luar itu, percintaan antara Yoo Jung dengan Hak Chan (Eun Jiwon) bikin greget. Chemistry yang manis membuat cerita menjadi lebih segar.

Terlepas dari perannya sebagai pemasok konten porno untuk teman-teman di sekolahnya, Hak Chan adalah laki-laki yang tidak bisa bergaul dengan teman perempuan. Ia selalu kikuk di depan perempuan. Tapi pelan-pelan ia jatuh hati pada Yoo Jung, teman karib Siwon.

Hak chan dan Yoo Jung menjadi pasangan yang bikin gemas. Mesra dan berantemnya seru, ada tarik ulurnya yang bikin penonton jatuh cinta dengan hubungan keduanya.

Kisah di Reply 1997 jadi lebih kaya. Ada perjalanan cinta Siwon dan Yoon Jae yang dramatis dan penuh lika-liku, ada pula kisah cinta yang mengalir begitu saja dengan sederhananya berhasil menarik perhatian penonton dari Hak Chan dan Yoo Jung.

Nah, Reply 1997 ini menjadi sebuah potret menarik bagi kamu yang menyukai drama dengan cerita yang tidak melulu manis. Pertengkaran mereka justru menjadi sebuah cara unik dalam mengekspresikan rasa cinta.

Oh, ya, kalau kamu masih terheran-heran mengapa para Kpopers sebegitu militannya? Kamu bisa melihat bagaimana para penggemar idol generasi pertama yang direpresentasikan oleh sosok Siwon yang mewariskan kultur serupa kepada generasi selanjutnya. Coba deh saksikan sendiri kisah seru perjalanan Siwon dalam drama Reply 1997.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *