Sempat Naik 1000%, Kini Kasus & Kematian Covid AS Turun

  • Whatsapp

Jakarta, Sentra Berita Indonesia – Amerika Serikat (AS) kini kembali berhasil menekan angka kasus infeksi dan kematian Covid-19. Ini berkat tingkat vaksinasi yang melonjak di Negeri Paman Sam tersebut

Bacaan Lainnya

Koordinator respons Covid-19 Gedung Putih Jeff Zients mengatakan tingkat vaksinasi Covid-19 di AS meningkat lebih dari 20 poin persentase. Dia mengatakan 77% orang Amerika yang memenuhi syarat telah menerima setidaknya satu suntikan vaksin.

“Sejak akhir Juli, ketika presiden pertama kali mengumumkan persyaratan vaksinasi dan meminta organisasi untuk mengikuti jejaknya, jumlah orang Amerika yang memenuhi syarat yang tidak divaksinasi telah menurun sekitar sepertiga dari 97 juta menjadi 66 juta orang,” kata Zients, dikutip dari Reuters, Rabu (13/10/2021).

Tingkat vaksinasi naik setelah beberapa institusi mengadopsi persyaratan vaksin. Seperti bisnis swasta, sistem perawatan kesehatan, lembaga sosial dan pemerintah negara bagian dan lokal.

Di sisi lain, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS Dr. Rochelle Walensky mengatakan dalam rata-rata tujuh hari kasus Covid-19 harian turun 12% dari minggu sebelumnya. Sedangkan kematian turun 5%.

“Meskipun terjadi penurunan kasus baru-baru ini, sebagian besar komunitas di seluruh negeri masih mengalami penularan komunitas yang substansial hingga tingkat tinggi,” ujarnya mengingatkan warga agar tidak lengah.

“Kita benar-benar harus tetap fokus untuk terus mengendalikan Covid di seluruh negeri, terutama saat kita memasuki musim gugur dan musim dingin melalui masker dan vaksinasi,” tambahnya.

Sebelumnya pada Agustus, Covid-19 AS sempat naik 10000 persen, jika dibandingkan Juni 2021. Di mana kasus infeksi melonjak jadi 141 ribu per hari, setelah sebelumnya 11 ribuan.

Kini AS tercatat memiliki total 45.547.920 kasus infeksi dan 739.778 kasus kematian terkait Covid-19, menurut data Worldometers. Kasus aktif saat ini mencapai 9,7 juta.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *