Seekor Gajah Ngamuk, Tewaskan 16 Warga di India

  • Whatsapp

Bacaan Lainnya

Seekor gajah ngamuk dan menewaskan sedikitnya 16 penduduk desa dalam dua bulan terakhir di India tengah. Keberingasan hewan ini  kemungkinan karena terusir dari kawanannya. “Kemungkinan karena ia berperilaku buruk,” kata seorang pejabat satwa liar Kamis.

Gajah jantan yang diyakini berusia 15 atau 16 tahun itu mengamuk di wilayah suku Santhal Pargana di negara bagian Jharkhand sejak ia dipisahkan dari puluhan kawanan gajah lainnya. “Kemungkinan dia kepanasan dan diusir karena perilaku buruknya atau persaingan seksual dengan pejantan lain,” kata Satish Chandra Rai, petugas kehutanan divisi regional. “Kami sedang mempelajari perilakunya dan tim yang terdiri dari 20 pejabat terus berusaha melacaknya karena prioritas pertama kami adalah melindungi hewan itu.”

Gajah tersebut kini sedang berusaha bersatu kembali dengan kawanannya dan berhasil mengecoh mereka yang berusahja menangkapnya..

Pada Selasa, gajah itu menyeruduk warga dan memukuli mereka sampai mati dengan belalainya.  Rai mengatakan gajah itu hanya membunuh orang yang tidak sengaja menghalangi, mendekat, atau mencoba memprovokasi dan memotretnya. “Dia tidak membobol rumah atau sengaja menyerang orang,” kata Rai. “Kami ingin melihat apakah dia diterima kembali bersama kawanannya. Jika tidak, berati terbukti dia memang gajah nakal.”

India memiliki sekitar 30.000 gajah liar Asia — hampir 60% dari total populasi liar. Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi peningkatan konflik antara gajah dan manusia di India. Tidak jarang hewan itu mengamuk dan membunuh manusia, karena manusia merambah lebih jauh ke dalam kawasan hutan. Tahun lalu, lima warga di distrik  Assam’s Goalpara tewas diserang hewan bongsor ini.  (AFP/M-4).


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *