Sandal gunung: 9 produk rekomendasi dan cara merawatnya

  • Whatsapp

Sudah dapat memonya belom kalau sandal gunung sedang trendi? Inilah sebabnya mengapa kamu sering melihat banyak orang memakainya, dan berbagai merek dari high street hingga high end mengeluarkan versi mereka.

Kamu yang memang sudah berstatus “anak gunung sejati” mungkin senang mendengar berita ini. Pasalnya, 1) kamu tidak dianggap aneh lagi saat jalan-jalan ke mal menggunakan sandal gunung, dan 2) koleksimu sudah dibanyak.

Bacaan Lainnya

Tertarik untuk mencoba item terpanas ini, dan mungkin akan memakainya naik gunung suatu hari ini nanti? Berikut cara memilih, merawat dan rekomendasi sandal gunung yang bisa kamu andalkan.

Mengapa Menggunakan Sandal Gunung?

Foto: www.unsplash.com

Bagi para pecinta alam, tentunya alas kaki merupakan hal penting yang tidak boleh terlewat termasuk sandal gunung. Tak hanya digunakan untuk naik gunung, biasanya sandal ini juga bisa kamu gunakan untuk trekking, rafting, atau menyusuri gua.

Biasanya alas kaki tersebut akan dirancang dengan mengutamakan kenyamanan ketika berjalan di medan yang curam, termasuk jalanan yang licin dan penuh bebatuan. Sehingga kakimu akan aman, bebas pegal, dan bebas dari ancaman cedera.

Dan sekarang, berhubung sandal gunung sedang trendi, ini adalah kesempatan yang tepat untuk memakainya, tidak hanya ke gunung tapi juga saat jalan-jalan di kota.

Bagaimana Cara Memilih Sandal Gunung?

Foto: www.unsplash.com

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika memilih alas kaki yang digunakan untuk beraktivitas di alam.

Sesuaikan dengan ukuran kaki

Salah satu yang terpenting ketika ingin memilih alas kaki, baik sandal atau sepatu tentunya wajib disesuaikan dengan ukuran kaki. Namun, ketika memilih sandal gunung ada baiknya menggunakan ukuran yang sedikit lebih besar dari telapak kakimu.

Karena ketika melewati jalur yang menurun, maka secara otomatis kaki akan menahan beban dan barang bawaan sehingga ujung kaki akan terdorong ke depan.

Jika mengenakan sandal yang pas, tentunya bagian ujung kaki akan keluar dari bantalan sandal dan berisiko terkena batu atau bergesekan dengan tanah. Tak hanya itu, ketika memilih ukuran yang sedikit lebih besar, hal tersebut akan membantumu ketika melewati track yang basah, baik itu berair atau berlumpur.

Memilih bentuk sesuai kebutuhan

Pada umumnya, sandal gunung terbagi menjadi tiga tipe, yakni:

Tipe clog

Jika kamu membutuhkan sandal yang mudah untuk dilepas-pasang, maka pilihlah tipe yang satu ini. Pasalnya produk alas kaki ini biasanya tidak dilengkapi dengan tambahan tali pengikat. Selain itu, bagian jari-jari hingga tempurung kaki juga akan tertutup. Sangat cocok digunakan untukmu yang sering keluar-masuk tenda.

Tipe shoe

Tipe yang satu ini sangat pas digunakan untuk tempat-tempat yang penuh bebatuan, seperti tepi sungai. Dengan penutup kaki yang rapat, alas kaki ini akan lebih sulit untuk dilepas, tidak seperti tipe clog. Namun kabar baiknya, kamu dapat terhindar dari cedera dan gerakan kaki akan terasa lebih ringan.

Akan tetapi, ketika menggunakan sandal dengan tipe shoe, maka sirkulasi udara pada kakimu akan terbatas. Untuk itu, jika kamu menginginkan sirkulasi dan drainase yang nyaman, pilihlah sandal berbahan mesh. Selain itu, jangan lupa memilih sandal dengan lubang drainase pada bagian insole.

Tipe belt

Butuh sandal yang dapat digunakan untuk melintasi daerah berair? Cobalah lirik tipe belt. Pasalnya, sandal gunung ini tidak akan mudah terlepas karena dilengkapi dengan tali-tali yang berfungsi untuk mengunci kaki. Sehingga kamu dapat melintasi sungai dengan aman dan nyaman. Pilihlah tipe belt yang memiliki 2-3 tali pengunci agar tidak mudah lepas.

Pilihlah bahan yang sesuai

Terdapat beragam bahan yang digunakan dalam pembuatan alas kaki yang satu ini. Akan tetapi kamu bisa memilih material karet atau EVA yang merupakan bahan anti air sehingga tidak membuat kakimu menjadi lembap dan cepat kering ketika terkena air. Dengan bahan yang ringan, empuk, dan fleksibel, biasanya EVA atau karet dapat membantumu mengurangi rasa lelah.

Sementara bahan polyester akan cocok digunakan untuk aktivitas di pesisir maupun lahan yang basah. Meski tidak dianjurkan untuk digunakan di dalam air, namun kamu masih bisa mengenakannya di tempat-tempat yang basah. Tidak hanya itu, material ini biasanya mudah dibersihkan dari kotoran dan lumpur yang menempel.

Gunakan sol antiselip

Untuk menghindari tergelincir karena melewati jalur yang licin, maka kamu bisa menggunakan sol antiselip. Material EVA merupakan sol terbaik karena memiliki cengkeraman yang kuat, sehingga membuatmu bisa berjalan tanpa khawatir terjatuh.

Bagaimana Cara Merawat Sandal Gunung?

Foto: www.pexels.com

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat sandal agar lebih awet, yaitu:

  • Setelah menggunakan sandal gunung, maka kamu bisa membersihkannya dengan segera.
  • Gunakan bahan halus dengan bulu yang lembut ketika membersihkan bagian alas.
  • Bersihkan dengan menggunakan air yang tidak dicampur dengan sabun, karena sabun atau detergen dapat melunturkan lapisan sandal.
  • Keringkan sandal di area yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Selipkan kertas di dalam sandal untuk menjaga bentuknya.

Rekomendasi Produk

Berikut 9 produk sandal gunung yang wajib kamu coba.

Adidas Terrex Cyprex Ultra II DLX Sandals

sandal gunung

Sandal gunung yang satu ini didesain khusus untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya ketika berada di medan yang licin dan berair. Adidas juga merancang sandal ini dengan tali dari bahan tekstil dan gesper yang akan membuat kakimu tetap aman ketika berjalan.

Jika melewati jalanan yang licin dan khawatir tergelincir, maka tidak perlu khawatir karena Adidas Terrex Cyprex Ultra II DLX Sandals memiliki sol luar dari bahan karet yang akan melindungimu. Pastikan kamu memilih ukuran yang sesuai dengan kakimu agar lebih nyaman ketika digunakan.

Chaco Women’s Z/1 Classic

Alas kaki andalan sejak tahun 1989 ini memiliki desain yang sederhana namun tak lekang oleh waktu. Jangan khawatir ketika harus menghadapi medan yang curam karena sandal klasik ini dilengkapi dengan tali pengikat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kaki.

Dirancang untuk kenyamanan pengguna, outsole sandal ini pun menggunakan ChacoGrip. Bagian atas dari produk ini menghadirkan anyaman jacquard polyester yang dapat membungkus kaki dengan pas.

Teva Women Sanborn Universal

sandal gunung

Material EVA terpilih untuk melengkapi sol tengah dan luar dari sandal gunung yang satu ini. Dengan sifatnya yang lembut dan fleksibel, dijamin akan membuat nyaman penggunanya ketika digunakan. Tidak hanya itu, keunikan dari alas kaki ini terletak pada bagian atasnya terbuat dari 100% plastik daur ulang dengan menggunakan benang polyester REPREVE.

Jack Wolfskin Women’s Seven Seas 2

sandal gunung

Dengan sol berbahan EVA yang lembut dan empuk, tentunya akan membuat kakimu merasa nyaman ketika menggunakan Jack Wolfskin Women’s Seven Seas 2. Apalagi jika harus melewati berbagai jenis medan, maka tidak perlu khawatir karena anyaman dari alas kaki ini sangat kuat untuk melindungi kakimu.

Consina Adventure Trekker

Butuh tali pengunci yang nyaman? Consina Adventure Trekker ternyata bisa menjadi salah satu opsi pilihanmu. Pasalnya, tali pengunci pada sandal gunung ini dilengkapi dengan padding yang tentunya akan nyaman ketika bersentuhan dengan permukaan kulit.

Eiger Caldera Woman Roll Strap Sandal

sandal gunung

Rasanya tidak asing menemukan EVA untuk digunakan sebagai bahan dari alas kaki. Begitu pun dengan Eiger Caldera Woman Roll Strap Sandal yang menggunakan material jenis ini sebagai bantalan kaki. Tidak hanya empuk dan terasa nyaman, sandal gunung ini juga didesain dengan hook-and-loop-strap yang mudah diatur.

The Executive Mountain Slippers

Sol luar dari sandal yang satu ini diformulasikan dengan microtech eco-friendly rubber yang bisa membuat langkahmu terasa nyaman ketika menggunakannya. Sementara insolenya terbuat dari kulit sintetis.

Sandal yang cocok digunakan untuk kegiatan luar ruangan ini memiliki tali yang tentunya bisa disesuaikan dengan kondisi kakimu sehingga akan membuatnya terasa aman dan tetap berada di tempatnya.

Catenzo Aldrich Black

Sandal yang satu ini menggunakan tali dari bahan webbing yang dapat mengunci kakimu agar tetap berada ada alas kaki ini. Kulit sintetis pun dipilih untuk menjadi insole dari produk ini, sementara sol luarnya terbuat dari bahan sponge yang empuk sehingga membuat pengguna akan merasa nyaman ketika melangkah.

Crocs Women’s Swiftwater Expedition Sandals

sandal gunung

Mengutamakan kenyamanan dan fungsinya, membuat Crocs menghadirkan Women’s Swiftwater Expedition Sandals untuk para wanita yang menyukai petualangan. Tali yang sederhana dan dapat disesuaikan dengan kondisi kaki ini juga dilengkapi dengan penutup hook-and-loop.

Berkat keunggulan tersebut, tentunya akan membuat kakimu terasa aman ketika mendapati medan yang beragam, apalagi jika harus terkena air. Pastinya, Crocs memastikan kamu akan merasa nyaman saat berjalan sekaligus terlihat lebih keren.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *