Petugas Jaga Polda Riau Dihajar Perwira Pangkat Kompol, Yang Diburu Malah Perekam Video

  • Whatsapp
 


Polisi memburu perekam yang memperlihatkan aksi pemukulan perwira Kompol RW terhadap petugas jaga Bripda FZ di Riau yang videonya viral di media sosial.  

Menurut polisi, rekaman video yang terjadi pekan lalu itu diambil secara ilegal dan merupakan suatu pelanggaran. Selain itu, perekam video ini pun tak seharusnya mengakses.       

“Akses ilegal yang dilakukan dengan merekam video dari CCTV milik Polda Riau merupakan pelanggaran serta perbuatan melawan hukum,” kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto kepada wartawan, Selasa, 22 Juni 2021. 

Saat ini, polisi tengah fokus mengusut penyebaran video tersebut lantaran suatu perbuatan melawan hukum. Sunarto menjelaskan, penyebaran dan pengambilan video tak dapat dilakukan secara bebas. Terlebih terdapat aturan hukum yang dapat dipergunakan untuk menjerat pelaku.     

“Perbuatan melawan hukum, tidak bisa (penyebaran video) dilakukan secara bebas. Ini melanggar UU ITE,” ucapnya. Dikatakan Sunarto, peristiwa pemukulan itu sendiri sudah ditangani secara internal oleh Polda Riau. “Sejak awal peristiwa terjadi, Polda Riau sudah menanganinya sebagai kasus internal,” kata dia. 

Menurutnya, pihak-pihak yang terekam gambar sudah dipanggil untuk diperiksa oleh bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Riau. Dia mengatakan, anggota yang tak menjalankan tugasnya secara profesional akan diberi sanksi. 

“Jadi bagi anggota Polda Riau yang tidak bisa dan mampu memberikan pelayanan dengan secara baik, tentu ada sanksi menanti mereka,” tambahnya. 

Namun demikian, Sunarto belum dapat menjelaskan apakah perwira yang memukul sesama anggota Polri tersebut telah diberikan sanksi atau tidak.     

Dalam sejumlah video yang viral, terlihat Kompol RW turun dari mobil dinas yang ditumpanginya di depan pos jaga Mapolda Riau. Saat itu, terdapat Bripda FZ yang tengah berjaga. 

Video yang viral itu kemudian memperlihatkan Kompol RW meninju Bripda FZ dengan tangan kanannya hingga korban sempoyongan dan terjatuh. Belum diketahui pasti alasan Kompol RW meninju rekannya sesama anggota polisi tersebut. 

sumber: babe.news

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *