Peternak arwana rugi Rp24 miliar perampokan ikan skala besar | Sentra Berita

  • Whatsapp

Seorang peternak arwana di Bogor dilaporkan telah kehilangan miliaran rupiah setelah setidaknya 400 ikan berharga dicuri dari peternakannya dari waktu ke waktu, dengan kasus ini mendapat perhatian nasional karena hubungan dekat peternak dengan megastar Irfan Hakim.

Irfan hadir dalam jumpa pers di Mapolrestabes Bogor, Selasa, ketika pembawa acara TV itu menitikkan air mata untuk temannya, KE, 68 tahun, yang telah membudidayakan arwana sejak 1974 tetapi baru-baru ini dikhianati oleh karyawannya sendiri.

Bacaan Lainnya

“Saya emosi karena saya juga merasakan sakit yang dialami oleh sahabat sekaligus guru saya, Pak KE. Dia adalah seorang peternak arwana yang memperkenalkan ikan hias purba Indonesia ini ke dunia,” kata Irfan.

Irfan, yang memelihara banyak hewan eksotis sebagai hewan peliharaan sendiri, mengatakan bahwa temannya menderita kerugian finansial hingga Rp24 miliar (US $ 1.658.258,40) dari pencurian. KE mengajukan laporan polisi kembali pada bulan Februari setelah melihat bahwa jumlah arwana di peternakannya berkurang.

Kapolres Bogor Harun mengatakan, karyawan KE yang diidentifikasi sebagai UG berusia 30 tahun itu mulai mencuri arwana dari peternakan di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor pada Februari 2019. UG memancing sendiri arwana tersebut, dibantu dua karyawan lainnya, WH dan UY. Ikan-ikan berharga itu kemudian dikumpulkan oleh ES, 29 tahun, yang bertindak sebagai pagar dalam operasi tersebut.

“[The arowana] dijual ke pagar ES, yang kami tangkap. Namun tersangka juga menjual sebagian arwana itu sendiri. Beberapa [arowana] ada yang kecil, ada yang besar, dan harganya masing-masing berkisar antara Rp500.000 hingga Rp5 juta (US$34,55 hingga US$345,53),” kata Harun.

Polisi sejauh ini sudah menangkap UG dan ES, sedangkan WH dan UY masih buron. UG dan ES telah didakwa dengan pencurian, dan mungkin menghadapi tujuh dan empat tahun penjara, masing-masing, untuk peran mereka dalam kejahatan tersebut.

Pada Juni 2020, Irfan memposting video kunjungannya ke peternakan arwana KE di saluran YouTube-nya, menunjukkan skala operasi yang sangat besar.

Baca juga:

Pria Indonesia berduka saat ayah menggoreng ikan peliharaan arwana mahal untuk makan siang

Tangki cupang yang dirancang untuk meniru kamar ‘kost’ dengan sempurna merangkum obsesi orang Indonesia terhadap ikan hias

Orang Indonesia ngeri saat puluhan ikan cupang digoreng di postingan viral

Berlangganan The Sentra Berita Podcast untuk berita dan budaya pop trending teratas dari Asia Tenggara dan Hong Kong setiap hari Jumat!

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *