Pesawat Pertama di Dunia yang Berhasil Terbang di Angkasa

  • Whatsapp

Saat ini pesawat menjadi salah satu alat transportasi yang penting di dunia. Kini setiap orang dapat pergi berlibur tak hanya di negara sendiri, bahkan hingga berlibur ke luar negeri. Keberadaan pesawat mampu menggerakkan ekonomi sebuah negara yang bergantung pada pariwisata sebagai pendapatan negaranya yang utama.

Tetapi tahukah kamu pesawat apa yang pertama kali dapat mengudara di angkasa? Bagaimana sebuah pesawat akhirnya menjadi bagian dari transportasi udara yang penting saat ini? Berikut ini adalah ulasan singkat tentang pesawat yang pertama kali mengudara di angkasa hingga akhirnya dapat mengubah sistem transportasi seluruh dunia.

Bacaan Lainnya

Sejarah Pesawat Terbang

Flyer merupakan pesawat terbang pertama yang yang banyak dikenal di seluruh dunia. Pesawat terbang ini adalah hasil karya dua orang penemu berkebangsaan Amerika Serikat. Keduanya dikenal dengan nama Wright Bersaudara, mereka adalah Orville Wright dan Wilbur Wright.

Akan tetapi, bukan hanya mereka berdua yang telah melakukan percobaan untuk dapat terbang di angkasa. Jauh sebelum mereka percobaan sudah banyak dilakukan. Satu di antaranya mungkin telah kamu kenal, yaitu Ferdinand von Zeppelin, seorang pensiunan tentara. Ia terkenal dengan balon udaranya.

Ada yang lebih tua lagi adalah balon Zeppelin adalah penggunaan balon udara seiring dengan ditemukannya gas hidrogen di sekitar abad ke-18. Penemuan balon udara panas oleh Montgolfier juga menjadi awal dimulainya penerbangan berawak, hingga akhirnya ditemukan teori dasar aerodinamika.

Para Penemu Pesawat

Wright bersaudara mungkin menjadi penemu pesawat yang tentunya dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia. Tetapi penemuan-penemuan pesawat terbang telah dimulai dari abad ke-16 hingga abad ke-18. Penelitian serius banyak dilakukan untuk memahami yang dinamakan aerodinamika.

Pionir dalam penemuan pesawat terbang dilakukan juga oleh banyak orang. Satu di antaranya adalah Alberto Santos-Dumont, seorang penemu dari dari Brasil yang melakukan percobaannya di Eropa. Lalu ada juga beberapa penemu seperti Henri Farman dan Gabriel Voisin, serta masih banyak yang lainnya.

Satu tokoh yang cukup berpengaruh dalam dunia aeronautika adalah Sir George Cayley. Ia adalah seorang insinyur berkebangsaan Inggris yang dianggap sebagai tokoh pionir dalam teknik penerbangan. Bisa dikatakan dia adalah orang pertama yang paham akan prinsip dasar dan kekuatan penerbangan.

Penerbangan Pertama

Penerbangan pertama yang dilakukan oleh para penemu ini menjadi momen yang paling bersejarah dalam dunia penerbangan. Setiap penemu tentunya berkeinginan menerbangkan pesawat yang mereka buat. Berikut ini adalah beberapa penemu yang berhasil menerbangkan pesawat mereka.

1. Wright Bersaudara

Wright Bersaudara menjadi penemu pesawat yang paling dikenal di seluruh dunia, mereka menerbangkan pesawat mereka yang diberi nama Flyer. Momen bersejarah itu terjadi pada tanggal 17 Desember 1903 pukul 10.35 pagi di Kill Devil Hills dekat Kitty Hawk di North Carolina.

Pesawat meluncur pada sebuah jalur monorel sebelum lepas landas ke udara. Pesawat dapat mengudara selama 12 detik dan dapat terbang sejauh 36,5 meter. Tes dilakukan sebanyak tiga kali, dan pada penerbangan terakhir pesawat dapat mengudara selama 59 detik dengan jarak 259,6 meter.

Setelah kesuksesan dari Flyer, Wright Bersaudara tidak menonjolkan keberhasilan mereka kepada publik. Hal itu berkaitan dengan hak paten dan kontrak mesin mereka. pada tahun 1908 mereka mulai terbuka kepada publik tentang keberhasilan mereka hingga dapat mendirikan sebuah perusahaan.

2. Alberto Santos-Dumont

Penerbangan pertama juga dilakukan di daratan Eropa, tiga tahun setelah Wright Bersaudara. Penerbangan perdana tersebut dilakukan oleh Albertos Santos-Dumont seorang penemu berkebangsaan Brasil yang telah lama tinggal lama di Paris, Perancis di sekitar tahun 1890an.

Penerbangan perdananya dilakukan di Paris, tepatnya di Chateau de Bagatelle di sekitar Bois de Boulogne. Penerbangannya dilakukan pada tanggal 12 November 1906 dengan pesawatnya yang diberi nama Oiseaux de proie atau bisa disebut juga dengan nama burung pemangsa.

Percobaan pnerbangannya dapat terdokumentasikan dengan baik dan mendapat pengakuan dari Aéro-Club de France, sebuah organisasi yang berhubungan dengan penerbangan. Pesawat Alberto dapat terbang selama 21,5 detik dengan jarak tempuhnya sekitar 220 meter.

3. Gustave Whiteheads

Sekitar dua tahun lebih sebelum Wright Bersaudara berhasil menerbangkan pesawat pertama mereka Flyer, seorang pria mengklaim telah menerbangkan pesawat pertamanya terlebih dahulu. Dia adalah Gustave Whiteheads, seorang penjaga malam di sebuah pabrik manufaktur di Connecticut.

Pesawat pertama Gustave yang diberi nama No.21 atau Condor telah mengudara pada tanggal 14 Agustus 1901 disekitar daerah Fairfield Connecticut, Amerika Serikat. Pesawatnya terbang pada ketinggian sekitar 45,7 meter dengan jarak tempuhnya sekitar 2,4 kilometer.

Sayangnya hingga saat ini penerbangan Gustave masih menjadi perdebatan diantara para ilmuwan. Masalah yang dihadapi Gustave adalah ketiadaanya dokumentasi penerbangan pertamanya. Saat ini yang ada hanya penuturan dari saksi mata dan juga artikel yang dimuat di koran saja.

Pesawat Pertama

Cukup sulit untuk menentukan siapa yang menciptakan pesawat pertama kalinya. Ada banyak penelitian dan penemuan yang dilakukan dan dikembangkan dalam pembuatan pesawat di Amerika Serikat dan juga Eropa. Banyak percobaan yang dilakukan seperti Wright Bersaudara yang terkenal itu.

Para ahli menentukan apa yang dimaksud dengan pesawat di antaranya adalah pesawat harus lebih berat dari udara. Pesawat dapat dikendalikan oleh manusia. Pesawat harus dapat terbang dan mendarat. Terakhir adalah dapat dikendalikan pada tiga axis yang disebut roll, pitch, dan yaw.

Ketiga hal itu diperlukan untuk menghindari kecelakaan. Jika mengacu pada kriteria itu , maka Wright Bersaudara memenuhi, terutama pada kriteria terakhir. Sekalipun bukan yang pertama mengudara tetapi Wright bersaudara mampu membuat pesawat yang memenuhi kriteria-kriteria di atas tadi.

Pesawat Komersial Pertama

Balon udara Zeppelin, mungkin dapat dikatakan sebagai pesawat penumpang pertama. Hal itu karena balon udara tersebut dapat mengangkut penumpang selayaknya pesawat. Bahkan Hindenburg merupakan pesawat Zeppelin yang dapat mengangkut penumpang dengan penuh kenyamanan.

Tetapi kecelakaan Hidenburg mengakhiri era pesawat Zeppelin. Era pesawat komersial mulai berkembang dengan pesat setelah Perang Dunia II selesai. Pesawat-pesawat bekas militer mulai beralih fungsi sebagai pesawat komersial untuk pengangkut penumpang dan juga kargo.

Pesawat DC-3 merupakan pesawat pesawat komersil yang selama Perang Dunia II dikenal dengan nama C-47. Pesawat DC-3 adalah pesawat yang memberikan perubahan pada dunia penerbangan komersil, dikarenakan termasuk pesawat yang cukup aman digunakan pada masanya.

Itulah ulasan tentang pesawat terbang pertama di dunia, walaupun tak ada kepastian siapa yang membuat pesawat pertama kalinya. Akan tetapi semua penelitian dan penemuan yang telah dilakukan mereka tentunya berkontribusi pada perkembangan pesawat hingga seperti sekarang ini.

Kini semua orang dapat menikmati pesawat dengan semua kenyamanan yang diberikan. Kemajuan teknologi juga membuat pesawat menjadi jauh lebih aman dan nyaman seperti saat ini. Sehingga orang-orang dapat bepergian ke hampir seluruh dunia yang bahkan sebelumnya terasa amat jauh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *