Perjalanan Panjang Jamrud Selama 25 Tahun, Susah Payah hingga Nikmati Kesuksesan

  • Whatsapp
Jakarta

Band legendaris, Jamrud pernah berada di titik tersulit sepanjang kariernya di industri musik Tanah Air. Kejadian itu menimpa Jamrud pada 2017.

Bacaan Lainnya

Saat itu Jamrud resmi lepas dari label musiknya karena satu alasan. Mereka kemudian memutuskan untuk bergerak sendiri dalam menjalani kiprahnya di musik.

Azis MS yang merupakan gitaris Jamrud menceritakan masa sulit bandnya saat ditemui di kawasan Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa (23/11/2021).

Azis MS menegaskan, masa sulit Jamrud saat itu tak main-main. Mereka merasa tidak biasa mengurusi produksi musik hingga pemasaran karya-karyanya.

Jamrud yang dikenal sejak 1984 itu merasa hanya paham persoalan di panggung. Azis MS pun mengakui hal tersebut.

“Kalau sulit ya sulit banget ya, karena kita udah bener-bener di bawah manajemen sama label (sebelumnya)” ujar Azis MS.

“Jadi kita hanya tau bikin lagu konser dan lain-lain ya selama belasan tahun di musik. Begitu 2017 ya kita semua sendiri ya,” sambung Azis MS.

Jamrud Foto: Palevi/detikcom

Usai mendeklarasikan dirinya menjadi band independent, Jamrud kemudian merilis satu buah album. Tentunya, album tersebut digarap hanya oleh kelima personel Jamrud tanpa ada campur tangan label.

Jamrud saat itu mengurusi perihal cover dan lagu-lagu yang ada pada album. Azis MS kembali mengeluhkan hal itu karena dianggap sangat sulit.

Azis MS menegaskan lagi, ia dan keempat personel Jamrud lainnya tak pernah berpikir akan mengalami hal ini.

“Dari 2017 (usai lepas dari label) itu kita rilis satu album. Itu kita semua yang atur dari mulai lagu cover semua. Total kita semua yang manajemen,” tutur Azis MS menceritakan lagi.

“Memang cukup berat karena Jamrud kan band panggung, konsepnya semua ke panggung, nggak urus produksinya. Kita nggak mikir (dulu) belasan tahun kedepan akan begini,” lanjutnya.

Kini Jamrud memasuki usia 25 tahun berdiri tegak di industri musik Tanah Air. Dalam perayaan usia yang ke 25 ini, Jamrud akan menggelar konser.

Konser Jamrud akan dilaksanakan secara online di salah satu layananan video streaming. Pelaksanaan konser Jamrud pun akan dilakukan di kawasan Jakarta Selatan. Konser Jamrud juga akan dilaksanakan pada 24 November 2021.

Konser Jamrud kali ini bertema Jamrud Perspective. Grup band yang dipionirkan Krisyanto itu akan meramaikan konser lewat 15 lagu termasuk 2 lagu baru mereka.

Krisyanto menjelaskan, dari 15 lagu nantinya Jamrud hanya menyanyikan 12 lagu. Tiga lagu sisanya akan dinyanyikan artis lain dalam bentuk bintang tamu.

“Jadi besok kita perform 12 lagu dan ada artis lain bawain lagu Jamrud. Hits-hits disitu kita bawain juga termasuk ada 2 lagu baru yang fresh,” tutur Krisyanto.

“Yang pertama ngebeat, yang keduanya ciri khasnya Jamrud lah, sing along buat main di lapangan (panggung) lah. Ada 15 lagu tapi Jamrud 12 lagu aja, sisanya sama artis lain,” jelasnya lagi.

Beberapa lagu andalan Jamrud akan dinyanyikan pada konser tersebut. Sebagai contoh, Jamrud akan menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun, Kabari Aku, Putri, hingga Ningrat.

Simak Video “A Virtual Music Celebration : Kunto Aji X Jamrud
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *