Penyakit Berbahaya yang Gejalanya Diawali dengan Batuk | SentraBerita.com

  • Whatsapp

www.pexels.com

Batuk sebenarnya hal yang normal, karena terjadi karena refleks tubuh dari gangguan seperti pada pernafasan, debu, bau, dan sejenisnya. Tapi kamu perlu waspada jika batuk terjadi secara terus menerus. Ini bisa menjadi tanda atau gejala penyakit berbahaya.

Nah, berikut SentraBerita.com berikan ulasan penyakit berbahaya yang ditandai dengan batuk secara terus menerus. Apa saja?

1. Penyakit TBC

Sumber Gambar

Penyakit menular ini menyerang paru-paru dengan gejala yang cukup mudah dikenali, seperti batuk berdahak hingga berdarah, sesak nafas dan nyeri di dada, demam, nafsu makan hingga, dan batuk parah tak berhenti hingga 3 minggu. Jika kamu alami hal ini segeralah periksa ke dokter.

2. Bronkitis

Sumber Gambar

Penyakit ini juga menyerang paru-paru yang sering terjadi karena bakteri, namun juga didorong oleh gaya hidup tak sehat seperti merokok. Bronkitis juga menular lewat udara.

Gelaja penyakit ini yakni, batuk berdahak hingga berdarah, sesak nafas, flu tak kunjung sembuh, pembengkakan di area kaki, gangguan penglihatan, dan sakit kepala hebat.

3. Pertusis

Sumber Gambar

Batuk rejan sangat mudah menular meskipun sudah divaksinasi. Biasanya, batuk ini akan diobati dengan antibiotik oleh dokter. Selain itu, penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini juga bisa menyebabkan kematian jika menyerang balita.

4. Pneumonia

Sumber Gambar

Batuk pneumonia bisa menjadi tanda kamu menderita sakit parah. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi pernapasan pada paru-paru, yang akhirnya akan menyebar hingga paru-paru terisi nanah. Penyakit ini bisa menyebabkan kematian karena sulitnya bernapas dan harus segera ditangani oleh dokter.

5. Acid reflux

Sumber Gambar

Batuk ini juga di sebut GERD (gastroesophageal reflux disease), yang disebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan ujung sarafnya akan teriritasi, sehingga batuk secara terus menerus tak bisa dihindari. Sayangnya batuk ini masih sulit didiagnosa. Namun pada umumnya dokter akan memberikan obat antasida.

6. Postnasal drip

Sumber Gambar

Postnasal drip kronis ditandai dengan batuk kering maupun basah selama dua bulan atau lebih. Batuk ini disebabkan oleh lendir terakumulasi ke sinus dan masuk ke belakang tenggorokan, sehingga terasa menggelitik dan memicu batuk. Biasanya dokter akan memberikan obat jenis antihistamin atau steroid untuk mengurangi peradangan.

7. Batuk Asma

Sumber Gambar

Asma sering ditandai dengan batuk kering secara terus-terusan. Pada malam hari, batuk akan makin buruk dan sangat sensitif dengan udara dingin, debu, bulu hewan peliharaan, bahkan serbuk atau sari bunga. Ketika periksa ke dokter, biasanya kamu direkomendasikan menggunakan inhaler atau suntikan Antihistamin untuk mengobatinya.

Apakah batuk yang kamu alami sekarang mendekati dengan tanda-tanda penyakit di atas? Jawaban iya dan tidak, kamu harus segera berkonsultasi ke dokter. Supaya tidak ada penyakit berbahaya yang bersarang di tubuhmu, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *