Pentingnya Pancasila sebagai Landasan Berperilaku

  • Whatsapp

KUNINGAN (MASS) – Baru-baru ini sedang ramai di Indonesia berbagai video viral yang menunjukkan perilaku yang tak pantas untuk kita tiru. Di dalam video tersebut seseorang dengan sangat percaya diri berkata kasar dan tidak sopan di depan orang lain hanya karena masalah yang sangat sepele. Hal tersebut sangat menunjukkan bahwa kurangnya beretika dalam berperilaku secara sopan dan santun terhadap orang lain. Perilaku tersebut adalah salah satu contoh kurangnya pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila sebagai landasan berperilaku secara baik dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila dapat menjadi landasan dalam kehidupan seluruh masyarakat Indonesia dalam segala hal, termasuk dalam bertutur kata, bersikap dan berperilaku. Bertutur kata, bersikap dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila termasuk dalam hakikat berbudi pekerti luhur. Dapat kita perhatikan dalam video berdurasi beberapa menit tersebut menjadi sebuah bukti bahwasanya kurangnya pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam bertutur kata, bersikap dan berperilaku. Tutur kata, sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah wujud budi pekerti luhur manusia Indonesia.

Bersikap sesuai dengan nilai Pancasila sama dengan bersikap positif terhadap Pancasila. Sikap positif terutama adalah menunjukkan perilaku sopan santun dan bertutur kata yang baik di dalam kehidupan bermasyarakat. Menjadikan nilai-nilai Pancasila makin tampak nyata dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sikap positif terhadap Pancasila adalah sikap baik dan mendukung nilai-nilai Pancasila serta berupaya melestarikan dan mempertahankannya. Nilai ini dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari dengan berperan serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara. Sikap positif seseorang terhadap Pancasila dapat terlihat apabila selalu berusaha mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Seseorang memiliki sikap negatif terhadap Pancasila bila orang tersebut tidak bersedia mengamalkan nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila. Jika kita mengetahui makna dan wawasan tentang nilai-nilai yang terkadung di dalam Pancasila, kita akan memahami bahwa pancasila selain menjadi ideologi negara, Pancasila juga menjadi landasan dalam berperilaku sopan dan santun dalam kehidupan sehari-hari. Sangat banyak sekali nilai-nilai Pancasila yang dapat kita implementasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

Dari hal tersebut dapat kita simpulkan bahwasanya implementasi nilai-nilai pancasila sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya yaitu, berperilaku sopan santun dan bertutur kata yang baik. Jangan sampai hanya karena masalah yang sangat sepele kita berperilaku tidak sopan terhadap orang lain yang dapat menyebabkan kesenjangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Akan tetapi, saat ini pengamalan nilai-nilai Pancasila di Indonesia mengalami penurunan.

Banyak kejadian-kejadian serupa yang dapat kita perhatikan saat ini. Dalam hal tersebut perlu adanya peran penting pemerintah dalam memberikan edukasi dan penanaman nilai-nilai Pancasila di setiap komponen masyarakat agar di dalam kehidupan bermasyarakat menjadi damai dan sejahtera.

Selain itu, seluruh komponen masyarakat baik dari pendidikan, komunitas dan organisasi kemasyarakatan juga dapat ikut serta dalam upaya memulihkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Jika hal tersebut dapat di lakukan, maka akan mengurangi berbagai kejadian-kejadian yang dapat mencemari nilai-nilai Pancasila.

Penulis            : Bobby Ariadi (Mahasiswa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *