Pencak Silat Hampir Punah, Iko Uwais Bangun Akademi

  • Whatsapp

Iko Uwais saat menghadiri premiere film Stuber di Los Angeles, Rabu (10/07/19).

SentraBerita.com – Aktor laga Indonesia, Iko Uwais, rupanya berencana mendirikan akademi pencak silatnya sendiri. Hal ini berangkat dari fakta bahwa pencak silat hampir punah.

Hal ini terungkap ketika bintang film The Raid itu hadir dalam bincang-bincang di kanal Youtube Vincent Rompies dan Deddy Mahendra Desta.

“Itu yang gua sayangin. Silat tuh sudah punah. Apalagi guru silat zaman dulu,” kata Iko.

Menurutnya ciri khas olahraga pencak silat yang berbeda dengan beladiri lain membuat olahraga ini tak banyak penerusnya. Apalagi kebanyakan guru silat tak dibayar dan mengajari anak-anak secara privat.

“Nah orang dulu (guru silat) ikhlas, yang penting lo bisa. Datang latihan tiga bulan dilihatin, bisa ditinggal. Beda kebutuhannya. Dulu kebutuhannya siapa yang kuat, lo bisa berdiri sendiri. Kalau enggak kuat lo dibunuh. Tapi sekarang susah,” paparnya.

“Makanya zaman sekarang gurunya minimal belajar privat. Identik pakai sarung, belajar di area rumah yang enggak kelihatan dari yang lain. Beda sama yang lain, ada dojo,” lanjut suami dari penyanyi Audi itu.

“Bisa dibilang kalau kubus, pencak silat cuma ada di sudut-sudutnya, yang di tengah orang-orang kota mana tahu. Menurut gue silat punah karena orang-orang dulu belajar silat enggak dikomersialkan.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *