Pemkot Sukabumi Gencarkan Sosialasi Pencegahan Rokok Ilegal |SentraBerita

  • Whatsapp

sosialisasi ini ditujukan ke warga di 8 kelurahan di Kecamatan Baros dan Cibeureum

SentraBerita.com, SUKABUMI–Upaya pencegahan rokok ilegal terus digencarkan Pemkot Sukabumi. Salah satunya dengan menggencarkan sosialisasi larangam rokok ilegal ke sejumlah kecamatan.

Bacaan Lainnya


Bahkan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi ikut menghadiri sosialisasi peraturan perundang-undangan ketentuan bidang cukai hasil tembakau rokok (DBHCHT) digelar di Aula Kecamatan Baros, Senin (22/11). Kegiatan yang digagas Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi ini kini menyasar ke warga delapan kelurahan di dua kecamatan yakni Baros dan Cibeureum.


Hadir dalam sosialisasi Kepala Diskumindag Kota Sukabumi Ayi Jamiat dan pengawas Bea Cukai Bogor Ristiawan. ” Sosialisasi ini berhubungan dengan cukai rokok yang legal yang memberikan sumbangsih bagi pendapatan negara,” ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.


Di mana pendapatan cukai didistribusikan ke kota/kabupaten yang diminta turut sosialisasikan pentingnya menjaga cukai yang legal karena khawatir di daerah menemukan cukai ilegal. Intinya sosialisasi ini untuk mencegah peredaran rokok ilegal di tengah masyarakat.


Sebab seperti diketahui pendapatan negara salah satunya dari cukai rokok yang mencapai sekitar 30 persen dari pendapatan negara. Akan tetapi di sisi lain pemerintah menyampaikan edukasi bahwa merokok mengganggu kesehatan dengan mengurangi konsumsi rokok. Jika pun merokok pastikan rokok tersebut legal.


Fahmi mengatakan, fasilitas kesehatan rumah sakit dan puskesmas dan memerlukan dukungan anggaran untuk perbaikan. Di mana salah satunya dari hasil cukai rokok dan harus mencegah dari beredarnya rokok ilegal dan tetap perhatikan kesehatan.


Kepala Diskumindag Kota Sukabumi Ayi Jamiat mengatakan, sosialisasi kali ini ditujukan kepada warga di 8 kelurahan di Kecamatan Baros dan Cibeureum. ” Ini roadshow kedua di tingkat kecamatan,” kata dia. Sebelumnya telah digelar di Kecamatan Gunungpuyuh dan Warudoyong.


Selanjutnya sosialisasi akan digelar di Lembursitu, Cikole dan Citamiang. Agendanya sosialisasikan tentang cukai rokok dan mencegah peredara rokok ilegal agar pendapatan meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *