Pemda DIY: Stok Vaksin COVID-19 di Gudang Mulai Menipis

  • Whatsapp
Pemda DIY: Stok Vaksin COVID-19 di Gudang Mulai Menipis
Petugas menggunakan alat berat membawa bahan baku vaksin COVID-19 Sinovac saat tiba di Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Selasa (27/7/2021). Foto: Raisan Al Farisi/ANTARA FOTO

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, stok vaksin COVID-19 kini mulai menipis. Tidak hanya di Sleman, tetapi juga daerah lain di DIY.

"Kabupaten Sleman juga, Kota (Yogya) juga (menipis). Makanya harus ada percepatan kedatangan vaksin. Persoalannya bukan hanya di nakes dan pelaksanaan tapi ketersediaan vaksin," kata Aji di Kepatihan Pemda DIY, Kamis (29/7).

Bacaan Lainnya

Aji menuturkan, stok vaksin di gudang Dinkes DIY yaitu 10.358 vial atau 103.580 dosis untuk Sinovac dan 6.614 vial atau 66.140 dosis untuk AstraZeneca.

Namun angka tersebut sudah dikapling atau dibagi untuk kabupaten dan kota. Tapi, penyimpanannya dilakukan di Dinkes DIY.

"Ini sudah termasuk yang posisi kabupaten juga, termasuk yang jatah untuk Polri-TNI, perbankan sudah ada kapling-kaplingnya (sudah terjadwal)," ucap Aji.

"Istilahnya Dinkes DIY itu untuk gudangnya saja langsung distribusi yang ada di SK itu," tambah dia.

Pemda DIY: Stok Vaksin COVID-19 di Gudang Mulai Menipis (1)
Antrean ASN Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta saat vaksinasi massal di JEC, Bantul, DIY Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan

Lebih lanjut, Aji mengatakan Pemda DIY berharap ada kiriman vaksin COVID-19 dari pemerintah pusat. Sehingga program vaksinasi dapat terus berjalan.

Sebelumnya, vaksinasi di Sleman terancam terhenti. Sebab stok vaksin di UPT Pengelolaan Obat dan Alat Kesehatan (POAK) Pemkab Sleman ternyata tinggal 200 dosis saja.

"Nah sementara yang masih tersimpan di UPT (POAK) itu stok vaksinnya tinggal 200. Padahal kita menargetkan sehari sekitar antara 6-7 ribu sasaran," kata Kepala Dinkes Sleman Joko Hastaryo.

Joko menuturkan, Dinkes Sleman telah berupaya meminta tambahan vaksin ke Kementerian Kesehatan hingga Dinkes DIY sebanyak 80 ribu dosis. Namun sejauh ini belum ada jawaban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *