Nona Hadirkan Aplikasi Kalender Siklus Menstruasi Pertama di Indonesia

  • Whatsapp

SentraBerita.com Nona resmi meluncurkan Nona Woman, yakni aplikasi kalender siklus menstruasi atau period tracker pertama di Indonesia pada Senin (22/11/2021). Melalui aplikasi ini, Nona ingin para penggunanya dapat kembali selaras dengan perubahan hormonal sepanjang siklus menstruasi, dan benar-benar mendengarkan apa yang tubuh mereka butuhkan.

Pengguna dapat memantau siklus menstruasi, mengidentifikasi pola-pola yang terjadi dalam tubuh, memahami dan memelihara tubuh serta berbagi cerita juga pengalaman dengan sesama perempuan di Indonesia. Aplikasi sudah dapat diunduh secara gratis oleh pengguna iOS dan Android.

Bacaan Lainnya

Co-Founder Nona, Nicole Jizhar mengatakan pihaknya memiliki dedikasi untuk menciptakan sebuah gerakan yang dituangkan melalui aplikasi Nona Woman agar perempuan di Indonesia mendapatkan edukasi yang layak tentang hormon, siklus menstruasi, dan women empowerment sehingga setiap perempuan dapat lebih mengenali diri dan tubuh mereka sendiri. 

“Saya ingin setiap perempuan tahu bahwa ketidakseimbangan hormone serta pengalaman menstruasi yang tidak nyaman dapat diatasi melalui perubahan gaya hidup. Saya juga ingin setiap perempuan tahu bahwa menstruasi tidak harus menjadi sebuah pengalaman yang menyebalkan, melainkan menandakan bahwa seorang perempuan itu adalah sosok yang sehat dan kuat,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima SentraBerita.com.

“Melalui platform Nona, saya juga berharap perempuan Indonesia bisa mendapatkan komunitas dan support system baru, serta dapat saling bertukar informasi dan pengalaman sehingga kita tidak merasa sendirian,” tambahnya.

Kepedulian Nona terhadap kesehatan perempuan juga dituangkan melalui kampanye yang mereka usung yaitu #PeriodRevolution.

Semangat Nicole dan rekannya, Monica Pranatajaya selaku Co-Founder Nona untuk mendobrak pandangan sosial yang masih tabu terhadap perempuan dan menstruasi juga terpampang nyata melalui platform media sosial Instagram yang dimiliki Nona. Konten yang disuguhkan Nona memang bersifat kontroversial dan provokatif, namun tetap menyenangkan dan informatif. 

Beberapa inisiatif yang sering dijalankan Nona adalah Nona Chats dan juga Nona Tries, di mana para pendiri mewawancarai figur wanita inspiratif seperti Andrea Gunawan, Felicia Aluwi, dan Zoya Amirin untuk berdiskusi dan menceritakan pengalaman mereka mengenai pemberdayaan, kesehatan mental, dan isu sekitar kesehatan perempuan.

Monica menjelaskan 1 dari 3 perempuan di Indonesia mengalami period poverty, yaitu kesulitan akses untuk mendapatkan produk kebutuhan menstruasi, fasilitas yang aman dan higienis, serta akses pengetahuan mengenai menstruasi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *