Niat Puasa Asyura di Bulan Muharram Lengkap dengan Keutamaannya

  • Whatsapp

Menunaikan niat puasa Asyura di bulan Muharram. Foto: dok. https://www.pexels.com/
Puasa Asyura merupakan salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi untuk kita amalkan. Pahala dan keutamaannya yang melimpah membuat kita termotivasi untuk menunaikannya.
Agar pahala puasa sunnah ini menjadi sempurna dan sah, berikut ini adalah penjelasan mengenai niat puasa Asyura di bulan Muharram dan juga keutamaannya.

Niat Puasa Asyura di Bulan Muharram dan Keutamaan Menunaikannya

Puasa di bulan Muharram yang juga dikenal dengan nama puasa Asyura ini termasuk ke dalam puasa sunnah yang memiliki keutamaan yang cukup banyak. Keutamaan puasa ini dipaparkan dalam buku berjudul Buku Pintar Puasa Wajib dan Sunnah yang disusun oleh Nur Solikhin (2018:76).

Dalam buku ini dijelaskan bahwa pahala orang yang menjalankan puasa pada hari Asyura cukup besar. Tak hanya itu, Allah juga berjanji akan menghapus dosa-dosa bagi tiap umat Islam pada satu tahun yang lalu. Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadits berikut ini:

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Artinya: “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura (puasa 10 Muharram) akan menghapus dosa setahun yang lalu.”(HR. Muslim no. 1162).

Selain keutamaan tersebut, puasa Asyura ini juga menjadi puasa paling utama yang dianjurkan oleh Nabi. hal tersebut seperti yang disabdakan Nabi dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim berikut ini:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya: “Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163)

Untuk menunaikannya secara sempurna, kita perlu menunaikan niat puasa yang benar. Keharusan melaksanakan niat puasa juga disebutkan dalam buku berjudul Fikih Empat Madzhab Jilid 2 yang disusun oleh Syaikh Abdurrahman Al-Juzairi (2017:322) menyebutkan bahwa puasa akan menjadi tidak sah jika tanpa menunaikan niat, baik itu puasa wajib maupun puasa sunnah. Niat puasa ini juga wajib dikerjakan dengan hati karena pada hakikatnya niat merupakan pekerjaan hati.

Namun umumnya masyarakat menggunakan bacaan niat puasa Asyura di bulan Muharram yang disajikan lengkap dengan Arab, latin dan artinya berikut ini.

Bacaan Niat puasa Asyura di Bulan Muharram

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati asyura lillahi ta‘ala.

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT.”

Pemaparan mengenai niat puasa Asyura di bulan Muharram yang dilengkapi dengan sederet keutamaannya dapat Anda jadikan panduan untuk menunaikan puasa Asyura dan mraih pahala yang melimpah. Semoga bermanfaat. (DAP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *