Misteri Gubuk Alien di Bulan Terungkap, Begini Faktanya

  • Whatsapp
Misteri Gubuk Alien di Bulan Terungkap, Begini Faktanya
Ilustrasi Bulan. Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana.

Pada akhir tahun lalu, kendaraan penjelajah Yutu 2 milik China menemukan sebuah objek misterius di Bulan yang disebut-sebut mirip gubuk atau 'mystery hut'. Kini fakta dari objek yang juga disebut sebagai 'gubuk alien' itu terungkap setelah pengambilan gambar untuk kali kedua dari jarak lebih dekat.

Dikutip dari Cnet, objek gubuk misterius Bulan itu pertama kali muncul di layar kamera rover Yutu 2 pada Desember lalu. Saat itu tangkapan kamera memperlihatkan gambar kabur berbentuk kubus di cakrawala.

Bacaan Lainnya

Rover sendiri merupakan kendaraan penjelajah yang pertama menjelajahi sisi jauh Bulan. Posisi rover selalu menghadap sisi terjauh dari Bumi.

Wilayah terjauh Bulan dari Bumi ini memiliki tekstur lebih kasar dan lebih banyak daerah kawah daripada sisi dekat Bulan atau sisi yang menghadap Bumi.

Pada tangkapan gambar kala itu objek tampak simetris tidak beraturan dengan bagian atas datar yang aneh. Atas gambar itu para peneliti dari program penjangkauan Badan Antariksa Nasional China, Our Space bercanda bahwa objek tersebut kemungkinan 'gubuk alien'.

Rover pun terus bergerak melintasi jarak sisi terjauh Bulan dari Bumi selama kurang lebih 30 hari untuk lebih dekat ke lokasi gubuk alien tersebut. Dengan jarak yang lebih dekat, rover pun mengirim tangkapan kamera untuk kali kedua dengan gambar lebih jelas dan lebih dekat.

Dari situ terlihat jelas bahwa objek yang disebut sebagai gubuk misterius itu ternyata sebuah bongkahan batu berbentuk bulat. Ukurannya juga ternyata lebih kecil ketimbang yang diperkirakan pada gambar pertama.

Saat ditelisik, batu ini tampak sangat mirip dengan kelinci berjongkok yang tengah mengunyah beberapa wortel. Kini bongkahan batu tersebut dijuluki 'kelinci giok' oleh tim Yutu 2, yang mengumumkan penelitian lebih dekat pada objek tersebut pada Jumat (7/1/2022) lalu.

Selain merujuk pada bentuknya, nama tersebut juga merujuk pada nama Yutu, yang jika diterjemahkan memiliki arti yang sama, yakni 'kelinci giok'. (ace)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *