Menko Mahfud dan Mendagri Akan Kunjungi Pulau Laut dan Sekatung Natuna

  • Whatsapp
Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama Presiden Joko Widodo.

Batam (SentraBerita.com) – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Mahfud MD bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan berkunjung ke Pulau Laut dan Pulau Sekatung Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri. Kedua orang penting ini rencananya akan berada di Natuna selama 3 hari, yakni dari Selasa 23 November sampai dengan Kamis 25 November 2021.

Untuk menyambut kedatangan rombongan Menkopolhukam dan Mendagri di Natuna, Pemerintah Provinsi Kepri bersama Pemerintah Kabupaten Natuna serta instansi vertikal terkait sudah beberapa kali melakukan rapat untuk saling berkoordinasi dan berkonsolidasi terkait segala sesuatu yang diperlukan untuk di siapkan.

Kehadiran Mahfud MD dan Tito Karnavian di Natuna kali ini adalah dalam rangka mendorong percepatan Pembangunan Batas Wilayah Negara – Kawasan Perbatasan (PBWN-KP). Serta meningkatkan prasarana Hankam di Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) yang ada di Natuna dan sebagai bentuk perhatian serius pemerintah dengan menunjukkan kehadiran Negara di daerah perbatasan.

Dalam hal ini, Menkopolhukam Mahfud MD juga adalah sebagai ketua Pengarah BNPP dan Mendagri Tito Karnavian sebagai kepala BNPP. Keduanya akan melakukan kunjungan kerja ke Pulau Sekatung Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

“Kegiatan ini juga sekaligus untuk memantau dan mengevaluasi pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah secara langsung. Untuk memperkuat koordinasi antara pusat dan daerah, serta mengidentifikasi kebutuhan pembangunan kawasan perbatasan negara, dan mendukung percepatan vaksinasi bagi masyarakat perbatasan sekaligus pemberian bantuan kepada masyarakat,” kata Kepala Biro Humas, Protokol dan Penghubung Pemprov Kepri Hasan S.Sos, Minggu 21 November 2021.

Diterangkan Hasan, berdasarkan edaran tentatif yang diterima, setibanya di Natuna Menkopolhukam dan Mendagri akan menggelar rapat di Kantor Bupati Natuna. Setelah selesai rapat, rombongan langsung berangkat ke Kecamatan Pulau Laut menggunakan KRI Semarang.

Kemudian dari Pulau laut rencananya menggunakan helikopter langsung terbang ke Pulau Sekatung. Di kedua pulau tersebut Menkopolhukam dan Mendagri melakukan berbagai kegiatan.

Hasan juga mengatakan jika Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad akan menyesuaikan waktu untuk bisa bersama-sama kedua menteri tersebut di Natuna. Menurut Hasan, Gubernur sangat berterima kasih atas kunjungan Menkopolhukam dan Mendagri ke Natuna kali ini. Karena dengan demikian, nyata bahwa perhatian Pemerintah pusat terhadap Kepri, khususnya Natuna begitu besar.

Di dalam rapat di kantor Bupati Natuna yang sudah diagendakan nanti, Gubernur akan memberikan sambutan selamat datang kepada Menkopolhukam dan Mendagri serta rombongan dan kemudian sedikit melaporkan tentang kondisi Kepulauan Riau saat ini. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan pengantar oleh Mendagri, Tito Karnavian yang juga ketua BNPP.

Kemudian dilanjutkan lagi oleh paparan Bupati Natuna terkait pembangunan daerah perbatasan serta perkembangan vaksinasi di Kabupaten Natuna. Selanjutnya paparan Pangko Armada I/Danguspurla I terkait pengamanan di Perairan Laut Natuna Utara, paparan Bakamla terkait Penguatan Keamanan Laut di Natuna dan terakhir ditutup dengan pengarahan oleh Menkopolhukam Mahfud MD, yang juga selaku Ketua Pengarah BNPP.

“Dengan hadirnya Menkopolhukam dan Mendagri di tengah masyarakat Natuna kali ini setidaknya ada pesan moril yang disampaikan kepada masyarakat. Kita berharap proses kunjungan kerja pak Menteri kali ini lancar,” tutup Hasan. (wan)

Baca juga: Menko Mahfud Kutuk Penyerangan Ustaz di Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *