Menkes: Hasil Survei Antibodi COVID-19 Keluar Minggu Ke-3 Desember

  • Whatsapp
Menkes: Hasil Survei Antibodi COVID-19 Keluar Minggu Ke-3 Desember
Warga menggunakan masker berjalan di samping mural bergambar COVID-19 di jalan Roda 2 Gang Mesin RT 01/01, Kelurahan Babakan Pasar, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (11/10/2020). Foto: ARIF FIRMANSYAH/ANTARA FOTO

Pemerintah saat ini sedang menjalani survei antibodi atau seroprevalensi di seluruh wilayah Indonesia. Tujuan dari survei tersebut untuk mengetahui jumlah penduduk yang telah memiliki antibodi terhadap COVID-19.

Hal tersebut disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers virtual usai menjalani rapat terbatas dengan Presiden Jokowi pada Senin (22/11).

Bacaan Lainnya

Survei ini dilakukan di 34 provinsi termasuk di 1.000 desa yang merupakan kerja sama Kemenkes dengan Kemendagri dan beberapa perguruan tinggi yang memiliki ahli epidemiologi.

Hasil survei diharapkan segera keluar pada Desember mendatang.

"Diharapkan Desember ini selesai sehingga kita bisa lihat di minggu ke-3 atau ke-4 Desember laporan lengkap hasil seroprevalence survei seluruh provinsi di Indonesia," ujar Menkes Budi.

Survei ini nantinya dapat mengetahui seberapa banyak orang yang pernah terinfeksi corona. Sebab, seseorang dapat terinfeksi namun tak memiliki gejala sama sekali, namun antibodinya tetap terbentuk.

"Dan kita akan lakukan setiap 6 bulan sehingga kita memiliki kontrol dasar pemilihan kebijakan ke depannya," pungkas Budi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *