Menhub Budi Karya Dorong Lulusan Kampus Perhubungan Bikin Startup

  • Whatsapp
Menhub Budi Karya Dorong Lulusan Kampus Perhubungan Bikin Startup
Menhub Budi Karya Sumadi memimpin Apel Siaga Kesiapan Angkutan Laut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (12/22). Foto: Kemenhub

Berbagai aktivitas masyarakat sekarang makin dimudahkan dengan kemunculan perusahaan-perusahaan rintisan alias startup yang bergerak di berbagai sektor. Kebutuhan akan teknologi ini kian tinggi kala pandemi COVID-19 merebak.

Atas dasar itu pula, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendorong para lulusan di kampus perhubungan agar berani mencoba membikin startup. Hal ini disampaikan Budi di satu kampus di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan di Tabanan, Bali, pada Sabtu (15/1).

Bacaan Lainnya

"Di Tabanan ini, Grab sudah melakukan kegiatan dengan baik. Tapi apakah distribusi hasil pertanian warga Tabanan ini bisa langsung masuk ke hotel-hotel? Mungkin jawabannya belum," ujar Budi dalam acara talkshow yang disiarkan virtual.

"Teman-teman bisa membuat satu startup yang bisa memberikan petani itu melakukan konsolidasi yang langsung," sambungnya.

Menhub Budi Karya Dorong Lulusan Kampus Perhubungan Bikin Startup (1)
Startup binaan Telkomsel Innovation Center (Tinc), Beehive Drones, uji coba drone logistik medis di Sumenep, Madura, Jawa Timur. Foto: Dok. Telkomsel

Budi Karya meyakini, 22 kampus di bawah Kemenhub yang ada saat ini menampung lulusan-lulusan sekolah berkompeten. Ia mengingatkan agar para taruna tersebut berani berinovasi.

Budi Karya memberikan gambaran, riset-riset yang banyak dihasilkan di dunia pendidikan memang diperlukan. Kendati begitu, ia meminta lulusan kampus perhubungan tak cuma sekadar menghasilkan riset.

Menhub Budi Karya berharap, mereka nantinya mampu mengimplementasikan riset tersebut dengan memetakan langsung permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat. Terutama di sektor transportasi dan perhubungan.

"Dua yang saya minta pada Anda, pertama apa yang diinginkan kita mau sekolah itu apa? Bukan sekadar pintar. Kedua daya juang, telah terbukti orang yang memiliki daya juang akan lebih unggul dari orang yang duduk saja," ujar Budi Karya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *