Mengenal Jenis-Jenis Komedo dan Fakta Menariknya!

  • Whatsapp

Beauties, kesal dengan komedo membandel yang tidak bisa dihilangkan? Wah, sabar dan jangan menyerah untuk menghilangkannya, ya! Sebelum lebih lanjut, coba deh kenali lebih dahulu jenis-jenis komedo agar kamu mengerti penanganannya. Ini dia 5 ragam komedo yang harus banget kamu kenali. 

1. Komedo Surya




jenis-jenis komedo
jenis-jenis komedo/Foto:pexels.com/sam-lion

Beauties, apakah kamu sering berada di sinar matahari dalam waktu yang lama? Well, memang benar bahwa sinar matahari bisa memberikan vitamin D bagi kulit. Namun, bila terlalu lama alias berlebihan, komedo pun bisa muncul akibat kebiasaan ini, loh. Mereka yang berumur sekitar 40 an biasanya terkena akibat dari kebiasaan ini. 

2. Komedo Hitam

Komedo hitam juga termasuk bagian dari jerawat. Warna hitamnya terbentuk dari sumbatan pori-pori yang kemudian terbuka dan terkena udara luar. Akhirnya, komedo yang semula putih berubah warna menjadi hitam. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan pembersih wajah yang lembut. Hindari menyentuh wajah untuk menghindari komedo berubah menjadi jerawat. 

3. Komedo Putih




komedo surya
komedo surya/Foto:pexels.com/id-id/@sam-lion

Beauties, komedo putih yang berada di bawah permukaan kulit terjadi karena timbunan lemak dan kotoran. Komedo putih ini bentuknya bulat dan kecil serta mempunyai lapisan kulit. Banyak yang bilang kalau komedo putih sebagai bagian dari jerawat. So, penanganannya pun mirip dengan jerawat, loh. Kamu cukup membersihkan wajah secara rutin, Beauties. 

4. Komedo Mikro

Bedasarkan bentuknya, komedo bisa disebut sebagai mikro karena ukurannya yang sangat kecil. Bahkan, tanpa alat bantu, Beauties tidak bisa melihat jenis komedo ini. Bila kamu ingin melihat bentuk komedo mikro, bisa datang ke klinik kecantikan dan meminta bantuan ahli.  Memang cara ini lumayan merogoh kocek, namun sangat worth it buat mengetahui keadaan kulitmu. 

5. Komedo Makro




Komedo makro
Komedo makro/Foto:pexels.com/sam-lion

Komedo makro merupakan jenis komedo dengan ukuran yang  bisa dilihat oleh mata telanjang. Tanpa perlu pergi ke klinik, kamu bisa merasakan dan menyentuh komedo makro dengan bantuan tangan saja. Biasanya, komedo makro tidak menempel dengan komedo lain alias berdiri sendiri. Lakukan scrub untuk menghilangkan jenis komedo ini. 

(arm2/arm2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *