Mengenal Berbagai Macam Model Gaya Rambut Perempuan Joseon dari Drama Saeguk! Ternyata Ada Arti Tersembunyi

  • Whatsapp

Drakor lovers tentu tidak asing bukan dengan salah satu drama yang berlatar belakang sejarah atau berlatar kerajaan alias drama saeguk. Drama jenis ini biasanya mengangkat kisah mengenai peristiwa sejarah, peperangan, konflik kerajaan, hingga tokoh legendaris, baik berdasarkan kisah nyata maupun fiksi semata. Drama saeguk memang menjadi daya tarik tersendiri, ya Beauties.

Salah satu latar kerajaan yang sering diadaptasi dalam drama Korea saeguk yaitu kerajaan dari dinasti Joseon. Dinasti Joseon merupakan dinasti yang didirikan oleh raja Taejo setelah runtuhnya dinasti Goryeo. Selain alur kisah drama saeguk yang menarik, salah satu yang jadi daya tarik dari drama berlatar kerajaan ini yaitu pakaian tradisional dan gaya rambut perempuan kerajaan Joseon.

Nah kali ini kita akan mengenal macam gaya rambut wanita kerajaan/bangsawan dalam drama saeguk yang berlatar belakang dinasti Joseon.

Eoyeo Meori




Gaya rambut eoyeo meori/Foto: mydramalist.com
Gaya rambut eoyeo meori/Foto: mydramalist.com

Eoyeo meori merupakan gaya rambut perempuan bangsawan yang telah menikah di era dinasti Joseon. Gaya rambut ini merupakan gaya rambut untuk ratu dan ibu suri ketika beraktivitas di dalam istana.

Jjokjin Meori




Gaya rambut jjokjin meori/Foto: mydramalist.com
Gaya rambut jjokjin meori/Foto: mydramalist.com

Nah gaya rambut ini yang di pakai untuk perempuan yang sudah menikah bentuknya seperti disanggul. Untuk membedakan antara bangsawan maupun rakyat biasa dari gaya rambut jjokjin meori ini dapat dilihat dari binyeo (tusuk sanggul) yang mereka pakai, loh Beauties.

Binyeo yang dipakai oleh anggota kerajaan seperti ratu misalnya, menggunakan binyeo berbentuk kepala naga atau burung phoenix dan biasanya berwarna emas. Binyeo yang terbuat dari emas dan perak biasanya digunakan oleh perempuan bangsawan (kelas atas). Sedangkan dari kalangan sipil memakai binyeo dari besi, batu-batuan alam, dan kayu.

Daengi Moeri




Gaya rambut daengi moeri/Foto: mydramalist.com
Gaya rambut daengi moeri/Foto: mydramalist.com

Untuk perempuan yang belum menikah memakai gaya rambut yang disebut daengi moeri. Gaya rambut ini berbentuk kepangangan dan di ujungnya diberi pita. Nah untuk seorang putri raja maupun bangsawan biasanya akan memperlengkap penampilan mereka dengan menggunakan aksesori dwikkoji yang disematkan di samping atas telinga atau di bagian belakang rambut untuk membuat penampilan lebih mewah.

Itulah beberapa gaya rambut perempuan kerajaan dalam drama saeguk yang berlatar dinasti Joseon. Menawan, ya Beauties!

(raf/raf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *