Mengapa Robert Lewandowski Layak Jadi Striker Terbaik di Eropa

  • Whatsapp

SentraBerita.com – Pentolan Bayern Munchen, Robert Lewandowski, sepertinya layak dianggap sebagai striker terbaik di Eropa saat ini. Mengapa?

Seperti diketahui, pemain asal Polandia itu baru saja menyabet gelar Sepatu Emas Eropa 2021, setelah bersaing dengan sejumlah bintang yang tidak kalah hebat di kancah liga sepak bola Benua Biru.

Gelar ini diperoleh Robert Lewandowski usai menjadi pemain paling produktif di Eropa musim lalu, dengan catatan 41 gol dari 29 laga. Jumlah tersebut mengalahkan perolehan Lionel Messi (30) dan Cristiano Ronaldo (29).

Hal yang paling mengagumkan dari prestasi ini, Lewy, sapaan akrabnya, hanya gagal menjebol gawang lawan empat kali dari total 29 laga tersebut.

Pemain berusia 33 tahun tersebut mencatatkan rata-rata 1,5 gol per 90 menit, sekaligus mengantarkan Bayern Munchen juara Bundesliga Jerman untuk kesembilan kalinya.

Bukan hanya itu, ia juga memecahkan rekor skor 49 tahun mendiang Gerd Muller, yang pernah mencatatkan 40 gol dalam satu musim Bundesliga Jerman.

Gerd Muller pun tercatat sebagai penerima gelar Sepatu Emas Eropa pada musim 1971-1972 dengan 40 gol. Setelah itu, belum ada lagi pemain yang mewakili Bundesliga Jerman menerima penghargaan ini sampai tahun 2021 ini.

Apalagi, dalam 12 tahun terakhir, daftar pemenang didominasi LaLiga Spanyol, ketika mereka memiliki Diego Forlan, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Luis Suarez di klubnya terdahulu.

Ya, penghargaan Sepatu Emas Eropa sendiri nampaknya memang sudah mulai bergeser dari poros Messi-Ronaldo-Suarez.

Tiga pemain ini diketahui begitu mendominasi daftar penerima Sepatu Emas Eropa sejak musim 2009-2010 ketika masa-masa jaya LaLiga Spanyol.

Baru pada 2019-2020 lalu, catatan tersebut akhirnya putus oleh Ciro Immobile, dan tahun ini Robert Lewandowski.

Dari beberapa fakta di atas, rasanya tidak berlebihan jika menyebut Lewandowski adalah striker terbaik Eropa saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *