Media Vietnam Sebut Kemenangan Indonesia Lebih Gila dari Film Hollywood

  • Whatsapp
Media Vietnam Sebut Kemenangan Indonesia Lebih Gila dari Film Hollywood
Timnas Indonesia menghadapi Singapura dalam leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (25/12). Foto: PSSI

Timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF 2020 usai melakoni laga penuh drama dengan Singapura, Sabtu (25/12) malam WIB. Menurut media Vietnam, Soha, kisah itu lebih gila dari film Hollywood.

"Dua kali 'hilang', Indonesia 'kembali' dengan naskah yang tak terbayangkan sekaya apa pun imajinasinya," tulis laporan Soha.

Bacaan Lainnya

'Skuad Garuda' mengantongi kemenangan 4-2 atas Singapura di National Stadium. Jika melihat hasil akhir, Witan Sulaeman cs tampak menang mudah.

Media Vietnam Sebut Kemenangan Indonesia Lebih Gila dari Film Hollywood (1)
Pemain Timnas Indonesia Ramai Melvin Rumakiek beraksi dengan Pemain Singapura Zulqarnaen Suzliman pada semifinal AFF Suzuki Cup di National Stadium Singapura, Sabtu (25/12). Foto: Yong Teck Lim/Getty Images

Akan tetapi, pertandingan berjalan hingga babak tambahan waktu. Ditambah lagi, ada tiga kartu merah yang keluar dari saku wasit Qasim Matar Ali Al Hatmi.

Ezra Walian membuka keunggulan Timnas Indonesia di menit 11'. Jelang babak pertama usai (45+3'), Safuwan Baharudin dikartu merah setelah berselisih dengan Rizky Ridho.

Saat Safuwan keluar lapangan, pemain Singapura bersorak saat Song Ui-Young membobol gawang Nadeo Argawinata semenit kemudian. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Pekerjaan Indonesia tentu menjadi lebih mudah dengan keunggulan jumlah pemain. Laga kembali membuat kejutan setelah Irfan Fandi juga mendapat kartu merah di menit 66'.

Media Vietnam Sebut Kemenangan Indonesia Lebih Gila dari Film Hollywood (2)
Pemain Singapura Song Uiyoung berselebrasi usai mencetak gol pada pertandingan leg kedua semifinal sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 di National Stadium di Singapura, Sabtu (25/12). Foto: Roslan Rahman/AFP

Namun demikian, alih-alih kendur, Singapura justru mampu mencetak gol. Shahdan Sulaeman berhasil menggetarkan jala gawang Nadeo dengan tendangan bebas ciamiknya di menit 74'.

Selanjutnya, Indonesia lebih ngotot karena hanya melawan sembilan pemain. Namun, kokohnya Hassan Sunny di bawah mistar Singapura membuat laga berjalan menegangkan.

Pratama Arhan menjadi aktor kunci di penghujung babak kedua. Ia membobol gawang Sunny usai memanfaatkan bola rebound di menit 87'. Skor menjadi imbang 2-2.

"Tampaknya terlalu dramatis dengan semifinal yang gila. Tapi tidak. Belum. Sekali lagi keajaiban terjadi. Sulit dipercaya," tulis laporan Soha.

Semenit kemudian, dengkul penonton menjadi lemas. Pratama, yang baru saja mencetak angka, membuat pelanggaran yang berakhir penalti untuk Singapura.

Media Vietnam Sebut Kemenangan Indonesia Lebih Gila dari Film Hollywood (3)
Pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan Alif Rifai berselebrasi usai mencetak gol pada pertandingan leg kedua semifinal sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 di National Stadium di Singapura, Sabtu (25/12). Foto: Yong Teck Lim/Getty Images

Dalam momen kepasrahan dan keputusasaan tersebut, Nadeo menjadi penyelamat Indonesia. Ia bergerak tepat ke arah sepakan Faris Ramli.

"Apakah semuanya diatur? Oh tidak, film laris Hollywood tidak bisa membuat naskah gila seperti itu," lanjut laporan Soha.

Dengan begitu, laga dilanjutkan ke babak tambahan waktu. Pada menit 91', bek Singapura Shawal Anuar kemudian membuat gol bunuh diri.

Egy Maulana Vikri kemudian menyegel kemenangan 'Skuad Garuda' di menit 105+2'. Untuk menambah keterpurukan Singapura, Sunny juga mendapat kartu merah jelang laga bubar.

Media Vietnam Sebut Kemenangan Indonesia Lebih Gila dari Film Hollywood (4)
Pemain Timnas Indonesia Ezra Harm Ruud Walian berselebrasi usai mencetak gol saat hadapi Singapura pada semifinal AFF Suzuki Cup di National Stadium Singapura, Sabtu (25/12). Foto: Roslan Rahman/AFP

"Pada menit ke-119, giliran penjaga gawang Sunny yang meninggalkan lapangan dengan kartu merah, untuk mengakhiri semifinal 'super blockbuster' dengan hanya 8 pemain di lapangan," tandas laporan Soha.

Tirai tertutup dengan kemenangan 4-2 (agregat 5-3) Indonesia atas Singapura. Dengan begitu, skuad 'Garuda' berhak melaju ke final Piala AFF 2020.

Nantinya, Asnawi Mangkualam dan kolega akan melawan pemenangan di duel Vietnam vs Thailand, Minggu (26/12) malam WIB. Thailand unggul 2-0 di leg pertama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *