Magnet yang Kuat akan Memisahkan Campuran Tertentu, Begini Penjelasannya

  • Whatsapp

Magnet yang kuat akan memisahkan campuran antara besi dan aluminium, sumber foto: (Akinbostanci) by Unsplash.com
Magnet yang kuat akan memisahkan campuran antara besi dan aluminium. Seperti yang diketahui, magnet dapat dimanfaatkan untuk teknik pemisahan campuran, apalagi campuran yang terdiri dari logam-logam. Teknik ini memanfaatkan kemampuan magnet yang mampu menarik jenis-jenis logam tertentu.

Walaupun magnet mempunyai kegunaan untuk menarik logam, namun tidak semua jenis logam bisa ditarik oleh magnet. Oleh karenanya, para ilmuwan membuat klasifikasi bahan yang terdiri dari paramagnetik, diamagnetik, dan ferromagnetik.

Bacaan Lainnya

Jenis-jenis Sifat Benda yang Dapat Ditarik oleh Magnet

Magnet yang kuat akan memisahkan campuran antara besi dan aluminium, sumber foto: (Wittayayut) by Unsplash.com

Mengutip buku Pasti Bisa Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTS Kelas IX (2017), kategori sifat benda yang dapat ditarik oleh magnet yaitu terdiri dari tiga macam, yakni feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik. Adapun penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Feromagnetik merupakan benda-benda yang bisa ditarik dengan kuat oleh magnet. Contoh feromagnetik yaitu kobalt, baja, besi, dan nikel.

Paramagnetik merupakan benda-benda yang memiliki karakteristik lemah saat ditarik oleh magnet. Jadi, saat ditarik tidak akan menempel dengan kuat atau mudah lepas dari magnet. Contoh benda paramagnetik yaitu platina, alumunium, dan seng.

Kamu bisa melakukan uji eksperimen dengan menempelkan sebuah magnet pada panci atau wajan yang terbuat dari alumunium. Lalu, kamu akan mengetahui bahwa magnet tersebut akan mudah diambil karena tidak menempel pada alumunium dengan kuat.

Diamagnetik merupakan benda-benda yang tidak bisa ditarik oleh magnet. Contoh benda diamagnetik yaitu air, kayu, kertas, dan plastik.

Magnet yang Kuat akan Memisahkan Campuran Apa?

Magnet dapat dimanfaatkan untuk mempermudah kehidupan manusia sehari-hari. Contohnya yaitu pemanfaatan magnet pada sound system seperti speaker aktif, kunci mobil, atau kunci motor.

Magnet yang kuat akan memisahkan campuran antara besi dan aluminium. hal ini karena besi akan tertarik oleh magnet yang bersifat ferromagnetik. Sementara itu, aluminium tidak tertarik karena sifatnya diamagnetik, sehingga keduanya mudah terpisah.

Lalu, bagaimana dengan campuran lainnya?

• Tembaga dan bismut: keduanya merupakan bahan diamagnetik, sehingga tidak ada yang tertarik dengan magnet.

• Bismut dan emas: keduanya merupakan bahan diamagnetik, sehingga tidak ada yang tertarik dengan magnet.

• Perak dan emas: keduanya merupakan bahan diamagnetik, sehingga tidak ada yang tertarik dengan magnet.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa magnet yang kuat akan memisahkan campuran antara besi dan aluminium. Begitulah cara Ilmu Pengetahuan Alam bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *