Lansia di Israel Segera Dapat Dosis Vaksin Ketiga

  • Whatsapp
Lansia di Israel Segera Dapat Dosis Vaksin Ketiga
Seorang pekerja medis memegang botol vaksin corona ketika staf medis akan divaksinasi di Sheba Medical Center di Ramat Gan, Israel, Sabtu (19/12). Foto: AMIR COHEN/REUTERS

Israel memberikan opsi vaksinasi dosis ketiga menggunakan vaksin Pfizer bagi warga lansia atau berusia 60 tahun ke atas.

Pemberian vaksin tambahan ini merupakan upaya Israel untuk mencegah perluasan penyebaran varian Delta yang diketahui punya kemampuan menular dan risiko rawat inap yang lebih tinggi dibanding varian lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam beberapa waktu terakhir, Israel kembali mencatat adanya peningkatan kasus COVID-19 setelah nyaris tak memiliki penambahan kasus sejak Mei lalu. Untuk itu, perlu adanya suntikan tambahan khususnya bagi para lansia yang termasuk kelompok rentan.

Menurut laporan Channel TV 13 yang dikutip Reuters, mereka yang telah memenuhi syarat bisa mendapatkan suntikan booster ini pada Minggu (1/8) mendatang. Salah satu syaratnya yakni sebelumnya telah menerima dosis kedua lebih dari lima bulan yang lalu.

Lansia di Israel Segera Dapat Dosis Vaksin Ketiga (1)
Kepala Penyakit Menular, Profesor Galia Rahav, saat disuntik virus corona di Pusat Medis Sheba Israel disuntik vaksin corona di Sheba Medical Center di Ramat Gan, Israel, Sabtu (19/12). Foto: AMIR COHEN/REUTERS

Tingkat vaksinasi di Israel merupakan salah satu yang paling tinggi di dunia. Sekitar 57 persen dari 9,3 juta penduduk Israel telah memperoleh vaksinasi.

Walaupun cakupan vaksinasi sudah cukup luas, varian Delta ternyata telah berpengaruh cukup besar terhadap penurunan kemanjuran dari vaksin yang telah diberikan.

Bahkan, baru-baru ini Kementerian Kesehatan setempat melaporkan efektivitas vaksin Pfizer yang hanya sebesar 41 persen dalam menekan perburukan gejala dalam sebulan terakhir. Sementara persentase vaksin ini dapat melindungi terhadap gejala berat sampai 91 persen.

Sehingga dengan adanya pemberian booster ini diharapkan mampu memberikan perlindungan tambahan dari varian Delta yang juga menyebabkan lonjakan kasus hampir di seluruh dunia saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *