Kota Malang Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

  • Whatsapp
Kota Malang Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya
Wali Kota Malang menerima penghargaan untuk Kota Malang. (Foto: Pemkot Malang)

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat pratama setelah dinilai responsif terhadap persoalan kesetaraan gender.

Pencapaian ini diraih dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA). Sementara pemberian penghargaan tersebut dilangsungkan secara virtual di seluruh Indonesia, Rabu (13/10/2021).

Bacaan Lainnya

Wali Kota Malang Sutiaji berkomitmen prestasi ini harus dapat dikuatkan untuk bisa mendapat penghargaan dengan tingkat yang lebih tinggi lagi di kategori Madya, hingga utama.

“Penghargaan ini akan kita kuatkan lagi, karena ini masih pratama. Kemarin kita masih terkendala dengan peraturan daerah (perda). Harapan kami kalau sekarang pratama, ke depan harus madya, kemudian nanti terakhir ke utama. Kami bersyukur, tapi kami tidak berpuas diri," kata dia

Berbagai upaya akan terus digalakkan oleh Pemkot Malang, melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) utamanya guna menguatkan terwujudnya kesetaraan gender dengan menghasilkan regulasi sebagai payung hukum yang lebih ideal.

"Upaya ke depan partisipasi masyarakat kita kuatkan. Bukan hanya untuk Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB), tapi akan masuk kepada semua perangkat daerah karena akan ada penguatan di masing-masing perangkat daerah," jelasnya.

Lebih jauh, pihaknya juga siap berkolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan kesetaraan gender di Kota Malang.

Sementara itu, Kepala Dinsos P3AP2KB) Kota Malang Dra. Penny Indriani MM menambahkan, ini merupakan kali pertama Kota Malang ikut serta dalam ajang penghargaan APE dan berhasil meraih pratama.

Adapun indikator penilaian antara lain berkaitan dengan tingkat kepedulian terhadap perempuan di Kota Malang. Dalam hal ini, regulasi juga akan diperkuat dalam Peraturan Daerah (Perda) pengarusutamaan gender (PUG).

“Capaian penghargaan APE tingkat pratama ini sudah sangat membanggakan. Karena Kota Malang terbilang masih baru dalam mengikuti dan mengimplementasikan program tersebut. Ke depan, semoga naik ke tingkat lebih tinggi," tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *