Kenalan dengan Naftali Bennett, Calon PM Israel yang Baru

  • Whatsapp

Jakarta, Sentra Berita Indonesia – Naftali Bennett, mantan pengusaha teknologi, akan menjadi perdana Menteri Israel berikutnya bila parlemen Israel menyetujui pemerintahan baru pengganti Benjamin Netanyahu, Minggu sore (13/6) waktu setempat. Bennett yang merupakan miliuner ini berkiprah di jalur politik dengan retorika keagamaan dan nasionalis.

Bacaan Lainnya

Parlemen Israel, Knesset yang beranggotakan 120 orang akan memberikan suara pada koalisi yang dibentuk oleh Yair Lapid, politisi Israel yang berhaluan tengah dengan tujuan mengakhiri 12 tahun kepemimpinan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Siapa itu Naftali Bennett?

Mengutip AFP, Minggu (13/6/2021), Bennett merupakan seorang mantan Menteri Pertahanan berusia 49 tahun dan pernah menjadi komando pasukan khusus. Bennett juga memimpin partai sayap kanan Yamina yang telah menyerukan Israel untuk mencaplok bagian tepi barat.

Jika parlemen Isarel memberi lampu hijau, maka Bennett akan menjadi Perdana Menteri Pertama Israel yang memimpin gaya hidup religius secara terbuka.

Bennett merupakan putra dari orang tuanya yang kelahiran Amerika Serikat yang fasih berbahasa Inggris. Dia sangat liberal, dalam ekonomi dan mengambil sikap garis keras melawan musuh bebuyutan Israel, yaitu Iran.

Dia berbagi ideologi ini dengan Netanyahu, setelah bertugas di beberapa pemerintahan pemimpin Likud.

Namuni dalam beberapa tahun terakhir ketegangan muncul di antara keduanya. Sehingga membuat Netanyahu membuat sedikit usaha untuk menyembunyikan penghinaan terhadap Bennett.

Hingga pada akhirnya di akhir Mei, dua bulan setelah pemilihan keempat Israel, Bennett bersekutu dengan Lapid, membuka jalan bagi koalisi delapan partai yang sekarang dipilih oleh parlemen.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *