Kemendag Apresiasi Kerja Sama Stakeholders Sistem Resi Gudang

  • Whatsapp

SentraBerita.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengapresiasi pihak kementerian terkait hingga swasta dalam mendorong perdagangan ekspor produk pertanian dan perkebunan yang dihasilkan oleh desa. Kemendag mengapresiasi peran PT Astra International, Kementerian Desa PDTT dan Kementerian Koperasi dan UKM pada launching ekspor perdana berbagai produk pertanian dan perkebunan yang dihasilkan desa.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengungkapkan, terdapat sejumlah produk yang diekspor dari pertanian dan perkebunan desa. Diantaranya, kopi, beras organik, pupuk organik hingga essential oil dengan negara tujuan Eropa, Amerika Selatan, Asia, dan Timur Tengah.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Kemendag juga melakukan penandatanganan naskah kerja sama pengembangan ekspor produk unggulan desa antara Ditjen PEN Kemendag dan PT Astra Internasional.

“Ekspor produk pertanian dan perkebunan itu dihasilkan oleh Program Desa Sejahtera juga merupakan hasil binaan kerja sama antara PT Astra International bersama Kementerian Desa PDTT dan Kemenkop UKM. Kerja sama itu melingkup pembinaan produksi dan pembiayaan,” ujarnya dalam keterangannya, Kamis (29/7).

Kemendag sendiri, mengaku bangga mendukung pemasaran produk-produk desa, koperasi dan UMKM melalui berbagai upaya. Jerry menyebut, pihaknya memiliki berbagai program fasilitas, pembinaan teknis, hingga pembukaan akses pasar melalui berbagai perjanjian perdagangan dan diplomasi perdagangan internasional.

“Desa adalah salah satu jantung perekonomian Indonesia, termasuk dalam menghasilkan produk-produk ekspor. Karena itu Kementerian Perdagangan menggandeng dan mendukung berbagai pihak yang fokus membangun produksi desa dengan memberikan akses logistik dan perdagangan,” jelasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *