Kelola Dana Haji, BPKH Alokasikan Anggaran untuk Bantu UMKM

  • Whatsapp

SentraBerita.com – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) selain menginvestasikan dana umat, juga menyiapkan anggaran untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat dan usaha mikro, kecil, dan menenagah (UMKM).

“Salah satu investasi yang kami lakukan melalui PNM (PT Permodalan Nasional Madani (Persero)), yang disalurkan untuk membantu UMKM dan keluarga-keluarga prasejahtera,” kata Anggota BPKH Bidang Investasi Beny Wicaksono, Kamis (10/6).

Bacaan Lainnya

BPKH dalam mengalokasikan dana untuk UMKM melalui program Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) Syariah dan Pembinaan Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) Syariah.

Beny mengklaim, penggunaan dana haji untuk kredit mikro telah mendapat persetujuan dari anggota BPKH maupun dewan pengawas. Hal itu bagian dari komitmen BPKH agar penggunaan dana haji dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Adapun penerima alokasi dana haji adalah masyarakat yang berkelompok. Seperti, ibu-ibu produktif memiliki jiwa enterpreneur, jiwa care terhadap ekonomi keluarga, peduli terhadap kesehatan dan ibadah.

Benny mengakui saat ini investasi memang tergerus oleh pandemi. Namun demikian, investasi dana haji yang dilakukan oleh BPKH masih tergolong aman. Ada beberapa instrumen yang dilakukan. Antara lain, investasi langsung ke emas yang cukup menjanjikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *