Kehilangan Indera Penciuman? Lakukan 3 Pertolongan Pertama Ini Saat Terjadi Anosmia!

  • Whatsapp

Pandemi covid-19 belum kunjung usai. Hal terpenting yang harus dilakukan saat ini adalah dengan selalu menjaga kesehatan. Beragam gejala covid-19 pun semakin melekat, salah satunya anosmia. Anosmia merupakan sebuah respon tubuh yang mengakibatkan hilangnya indera penciuman karena terdapat infeksi atau alergi.

Biasanya, seseorang yang mengalami anosmia, tidak mampu mencium berbagai jenis bau yang ada di sekitarnya. Keadaan ini tentunya dikhawatirkan akan memperburuk kesehatan tubuh jika tidak segera diatasi. Berikut ini adalah pertolongan pertama yang bisa dilakukan di rumah saat mengalami anosmia.

Sediakan Minuman Herbal




Cara mengatasi anosmia
Cara mengatasi anosmia/ sumber: freepik.com/ stockking

Saat kamu merasa tidak bisa mencium aroma, pertolongan pertama yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan meminum minuman herbal. Minuman herbal mampu membantu melegakan pernafasan dan tentunya menyehatkan untuk tubuh. Sediakan bahan-bahan di rumah yang dijadikan minuman herbal.

Adapun bahan-bahan yang untuk minuman herbal, diantaranya jahe, lemon, teh hijau, dan lain-lain. Kemudian, bahan-bahan tersebut disajikan dalam keadaan hangat. Kamu juga bisa membeli bubuk minuman herbal yang biasa dijual di warung maupun supermarket agar lebih praktis. Jangan lupa untuk mengonsumsi minuman herbal secara rutin agar dapat membantu memulihkan indera penciuman kamu.

Gunakan Minyak Aromatherapy




Melatih penciuman untuk anosmia
Melatih penciuman untuk anosmia/ sumber: freepik.com/ Racool_studio

Menggunakan minyak aromatherapy merupakan salah satu cara mengembalikan penciuman dengan melakukan terapi pada indera penciuman. Hal ini dikarenakan kandungan pada minyak aromatherapy dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat. Oleskan minyak aromatherapy di daerah sekitar hidung, pijat daerah sekitar hidung secara perlahan sambil menghirup minyak aromatherapy. Selain mengoleskan minyak aromatherapy secara langsung pada daerah sekitar hidung, kamu juga bisa meneteskan minyak aromatherapy ke dalam air hangat, kemudian kamu bisa menghirupnya melalui uap tersebut. Lakukan cara ini secara rutin untuk melatih indera penciuman kamu.

Bersihkan Hidung Bagian Dalam




Cara mudah mengatasi anosmia
Cara mudah mengatasi anosmia/ sumber: freepik.com/ evening_tao

Pertolongan pertama selanjutnya adalah dengan membersihkan hidung bagian dalam. Melansir dari laman Sentra Berita bahwa membersihkan hidung di bagian dalam dapat membantu mengatasi anosmia yang dapat disebabkan oleh infeksi atau alergi. Adapun bahan yang digunakan untuk membersihkan hidung bagian dalam pun sangat mudah dijumpai di rumah, yaitu garam. Caranya adalah, cukup larutkan garam dengan air. Kemudian, bersihkan hidung bagian dalam dengan menggunakan larutan garam tersebut. Lakukan cara ini sesuai dengan kebutuhan.

Nah, itulah pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan di rumah saat mengalami anosmia. Jika cara-cara di atas tidak kunjung membantu, kamu bisa segera melakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang maksimal. Stay safe, Beauties!

(arm2/arm2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *