Kegunaan minyak wijen: 11 manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh

  • Whatsapp

Minyak wijen tentunya menjadi produk yang tidak asing untuk kamu. Pasalnya jenis minyak yang satu ini sering kali digunakan sebagai bahan masakan. Tak hanya itu, kegunaan minyak wijen juga ternyata dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Sesame oil atau minyak wijen terbuat dari biji wijen mentah yang diperas dan kemudian digunakan untuk bahan masakan, obat-obatan, dan kosmetik. Karena memiliki kualitas yang baik, minyak wijen dijuluki sebagai “Ratu Minyak Wijen” oleh beberapa orang. Tak hanya itu, terdapat beragam manfaat dari kegunaan minyak wijen, mulai dari tingginya antioksidan hingga meningkatkan kilau rambut.

Bacaan Lainnya

Manfaat Minyak Wijen

Foto: www.freepik.com

Minyak yang satu ini mengandungan vitamin E yang dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Tak hanya itu, minyak ini juga mengandung beberapa senyawa fenolik seperti sesaminol, tokoferol, dan asam lemak esensial.

Tinggi antioksidan

Minyak yang satu ini mengandung sesamol dan sesaminol, dua jenis antioksidan yang memiliki efek kuat untuk kesehatan tubuh. Antioksidan merupakan zat yang dapat membantu mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas. Sehingga kegunaan minyak wijen dapat mencegah peradangan dan munculnya beberapa penyakit tertentu.

Menurut sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi suplemen minyak wijen ternyata dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel jantung. Dalam penelitian yang sama, aktivitas antioksidan akan meningkat pada tikus yang menerima sekitar dua atau lima ml minyak wijen per harinya.

Sifat anti-inflamasi yang kuat

Kegunaan minyak wijen selanjutnya adalah memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Pasalnya peradangan yang kronis bisa berbahaya dan menyebabkan penyakit, sehingga sebisa mungkin kamu perlu membatasinya sebanyak mungkin.

Pengobatan tradisional Taiwan ternyata telah memanfaatkan sifat anti-inflamasi minyak wijen dengan menggunakannya sebagai obat radang sendi, sakit gigi, dan luka.

Baik untuk kesehatan hati

Menurut sebuah studi, diet kaya lemak tak jenuh ternyata baik untuk kesehatan jantung. Dan kabar baiknya, minyak wijen terdiri dari 82% asam lemak tak jenuh. Sehingga minyak wijen kaya akan asam lemak omega-6 yang merupakan jenis lemak tak jenuh ganda yang penting untuk pencegahan penyakit jantung.

Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak wijen dapat memperlambat perkembangan plak di arteri. Sehingga dapat mencegah penyakit jantung. Dalam penelitian lain yang dilakukan pada 48 orang dewasa yang mengonsumsi 4 sendok makan minyak wijen setiap hari selama satu bulan, menunjukkan bahwa terdapat penurunan kolesterol dan trigliserida LDL (jahat) yang lebih besar.

Mengontrol gula darah

Ternyata kegunaan minyak wijen selanjutnya adalah dapat mendukung pengaturan gula darah yang sehat. Bahkan, jenis minyak yang satu ini kemungkinan dapat berperan dalam regulasi gula darah jangka panjang.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan pada 46 orang dewasa dengan diabetes tipe-2, yang menemukan bahwa mengonsumsi minyak wijen selama 90 hari secara signifikan dapat mengurangi gula darah puasa dan hemoglobin A1c (HbA1c). Kadar HbA1c ini merupakan indikator pengontrol gula darah jangka panjang.

Mengobati radang sendi

Peradangan kronis pada sendi kini telah memengaruhi hampir 15% populasi dan menjadi penyebab umum nyeri sendi. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa minyak wijen dapat membantu proses perbaikan radang sendi.

Studi lain yang dilakukan selama 28 hari membuktikan bahwa tikus yang diberi minyak wijen sebanyak 0,5 ml per hari akan mengalami penurunan penanda stres oksidatif dan gejala rematik, seperti nyeri sendi.  

Meski penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa minyak biji wijen dapat meredakan radang sendi, namun tentunya masih diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia.

Menyembuhkan luka bakar

Selain kegunaan minyak wijen dapat bermanfaat untuk kesehatan, ternyata juga bisa digunakan secara topikal untuk luka dan luka bakar. Kemampuan ini kemungkinan dapat dikaitkan dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

Melindungi kulit dari sinar UV

Berkat kandungan antioksidan yang tinggi, ternyata kegunaan minyak wijen dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV. Minyak wijen mampu menahan 30% sinar UV, sementara banyak minyak lainnya seperti minyak kelapa, zaitun, dan kacang tanah hanya dapat menahan sebanyak 20%.

Meningkatkan kualitas tidur

Sebuah studi menunjukkab bahwa meneteskan minyak wijen di dahi selama 30 menit dalam waktu dua minggu ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur dan kualitas hidup seseorang. Sehingga kegunaan minyak wijen akan sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Menghilangkan rasa sakit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kegunaan minyak wijen dapat membantu mengurangi nyeri pada bagian lengan dan kaki. Kamu dapat mengoleskan minyak ini secara topikal pada bagian yang sakit, kemudian lakukan pijatan yang ringan.

Meningkatkan kesehatan rambut

Senyawa sesamin yang ada di dalam minyak yang satu ini dapat meningkatkan kilau dan kekuatan rambut. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan selama delapan minggu, menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen yang terdiri dari sesamin dan vitamin E ternyata dapat memberikan kekuatan dan kilau pada rambut.

Non-komedogenik

Menurut sebuah penelitian, minyak wijen merupakan jenis minyak non-komedogenik, sehingga merupakan pilihan yang baik untuk beberapa jenis kulit. Pasalnya minyak non-komedogenik tidak akan menyumbat pori-pori wajah, dan bekerja dengan baik pada kulit berjerawat.

Bahan masakan

Kegunaan minyak wijen selanjutnya adalah untuk menambahkan rasa lezat dan pedas ke dalam berbagai macam hidangan. Biasanya minyak ini merupakan bahan populer dalam masakan Asia dan Timur Tengah. Minyak wijen yang tidak dimurnikan memiliki warna terang, menawarkan rasa pedas, dan paling baik digunakan ketika memasak dengan api kecil hingga sedang.

Sementara minyak wijen olahan tentu melewati proses lebih banyak dan memiliki rasa netral, sehingga paling baik untuk digunakan ketika menggoreng sesuatu. Sedangkan minyak wijen panggang akan memiliki warna cokelat tua dan rasa yang lembut, dan kamu bisa menggunakannya sebagai saus dan bumbu masakan.

Rekomendasi Produk

Berikut rekomendasi produk yang serupa dengan kandungan dalam minyak wijen, yakni mengandung vitamin E.

The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner

kegunaan minyak wijen

Memilki tekstur berbentuk gel, toner ini diperkaya dengan vitamin E dan wheat germ oil yang dapat melembapkan kulit sekaligus membersihkan sisa-sisa riasan. Setelah menggunakan penyegar wajah ini, kulitmu dijamin akan terasa bersih, kenyal, dan terhidrasi dengan baik.

Klairs Freshly Juiced Vitamin E Mask

Produk multifungsi ini bisa digunakan sebagai masker, sleeping pack, atau pelembap harian. Diperkaya oleh antioksidan yang berasal dari vitamin C, Klairs Freshly Juiced Vitamin E Mask dapat mencerahkan serta memperbaiki kerutan dan tanda-tanda penuaan. Tak hanya itu, kulit juga akan terpapar dari sinar UV yang dapat merusak sel.

Alpha-H Vitamin E with Macadamia

kegunaan minyak wijen

Produk perawatan kulit ini memiliki antioksidan tinggi yang dapat menghidrasi dan meningkatkan sistem kekebalan kulit, sehingga bisa terhindar dari radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Vitamin E yang terkandung di dalamnya juga bisa melembapkan kulit yang kering, kasar, dan pecah-pecah.

Mario Badescu Vitamin E Night Cream

Krim malam ini diformulasikan dengan antioksidan vitamin E dan minyak gandum yang bertujuan untuk memerangi radikal bebas. Tak hanya itu, cottonseed oil dan cocoa butter yang ada pada produk ini juga bisa menghidrasi dan memperbaiki tekstur kulit yang kasar.

Bio Oil

kegunaan minyak wijen

Bio Oil mengandung vitamin E, vitamin A, purcellin, calendula, dan ekstrak chamomile yang dapat membantu menyamarkan bekas luka, stretch marks, dan warna kulit yang tidak rata. Tak hanya itu, produk ini juga bisa berfungsi untuk mencegah penuaan kulit dan melembapkan kulit yang kering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *