Kasus Penyalahgunaan Senjata Api oleh Anggota Polri Naik, Terbanyak Senpi Hilang

  • Whatsapp

SentraBerita.com – Kompolnas meneliti kasus penyalahgunaan senjata api (senpi) oleh anggota Polri di 34 Polda dan hasilnya ditemukan peningkatan kasus penyalahgunaan.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan hasil penelitian tim Kompolnas terhadap 34 Polda dan 10 Polda yang dilakukan pendalaman (Riau, Kepri, Metro Jaya, Sulteng, Jogya, Jateng, Jambi, Lampung, Kalbar, Sumut) terdapat perubahan data, di mana diketahui kasus penyalahgunaan senjata api tahun 2010 sampai dengan 2021 mengalami peningkatan, yaitu terdapat 784 kasus.

“Kompolnas melakukan penelitian tentang penyalahgunaan senpi oleh anggota Polri karena Kompolnas mengamati bahwa pelanggarannya cukup serius,” kata Ketua Harian Kompolnas Irjen (Purn) Benny Mamoto, dikutip dari Antara, Senin (22/11/2021).

Dari hasil penelitian tersebut yang paling banyak terjadi adalah senpi hilang, yaitu sebanyak 18,49 persen.

Baca Juga:
Diduga Peras Anggota Polri, Ketua LSM Ditangkap Polres Metro Jakpus

Hasil penelitian tersebut dibahas dalam diskusi grup terarah (FGD) yang digelar oleh Kompolnas pada Kamis (18/11/2021).

Menurut Benny, latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah banyaknya kasus pelanggaran penyalahgunaan senpi memerlukan penanganan segera karena berdampak serius.

Dalam diskusi tersebut, dibahas sejumlah titik kritis yang ditemukan oleh Kompolnas, mencakup sejumlah fungsi, yakni pelatihan dan peningkatan kapasitas, termasuk pemantapan SOP terkait tata laksana, pengawasan, serta peningkatan konseling dan psikologi.

“Sesuai dengan Program Polri Presisi di bidang pengawasan eksternal disebutkan bahwa Polri bekerja sama dengan pengawas eksternal untuk mengkaji suatu masalah dalam rangka mencari akar masalahnya dan membuat rekomendasi,” kata Benny.

Diskusi tersebut dihadiri sejumlah pembahas, yakni Prof Mohamad Mustofa (Kriminolog UI), Prof Dr Gayus Lumbun SH (Pakar hukum), dan Dr (C) Natanael Sumampouw (Psikolog Forensik) yang hadir secara daring dari Belanda.

Baca Juga:
Sempat Ditangkap Polisi, Pria Penyebar Pesan Jihad Lawan Densus 88 Dibebaskan

“Kompolnas sudah mengumpulkan data pelanggaran senjata api seluruh polda dan melakukan pendalaman di 10 Polda dengan mewawancarai para anggota yang melanggar,” kata Benny.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *