Kasus Harian Covid-19 Menurun, PPKM Darurat Mau Disetop?

  • Whatsapp

Jakarta, Sentra Berita Indonesia – Kasus positif covid-19 kembali turun pada Senin (19/7/2021). Hal ini menjadi catatan penting di tengah ketidakpastian mengenai perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat.

Data Kementerian Kesehatan RI mencatat kasus positif bertambah 34.257 kasus terendah sejak 8 Juli 2021. Tambahan tersebut membuat total kasus di Indonesia secara keseluruhan menjadi 2.911.733 orang. Kasus aktif saat ini tercatat sebanyak 542.938 orang.

Selanjutnya kabar baiknya kasus sembuh juga terus bertambah. Dalam sehari tercatat tambahan kasus sembuh adalah 32.217 orang yang secara total menjadi 2.293.875 orang.

Sementara kasus meninggal di Indonesia bertambah 1.338, dimana secara total menjadi 74.920. Jumlah ini merupakan rekor tertinggi dalam kasus kematian Covid-19 dalam sehari.

Pemerintah telah menerapkan PPKM Darurat sejak 3 hingga 20 Juli 2021. Kebijakan tersebut ditempuh seiring dengan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia pasca libur lebaran dan penyebaran varian virus baru.

Sejumlah pihak lantas mendesak pemerintah untuk kembali memperpanjang masa PPKM Darurat, mengingat lonjakan kasus masih meningkat. Bahkan Indonesia beberapa kali mencetak rekor angka penambahan kasus dan kematian sejak kebijakan ini berlaku.

Sinyal perpanjangan PPKM Darurat sejatinya telah disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Jokowi, kata sang menteri, sudah sepakat untuk memperpanjang masa PPKM Darurat.

Pandangan lain juga muncul, di mana seharusnya pemerintah menerapkan lockdown atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang pernah dijalankan pada tahun lalu. Kebijakan tersebut dianggap lebih efektif untuk meredam penyebaran dan memastikan pemulihan ekonomi berjalan setelahnya.

Akan tetapi hingga saat ini belum ada keputusan yang disampaikan oleh pemerintah pusat.

[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *