Jokowi Bakal Bangun PLTA Raksasa di Sungai Kayan Kalimantan Utara

  • Whatsapp
Jokowi Bakal Bangun PLTA Raksasa di Sungai Kayan Kalimantan Utara
Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional dan memberikan tanda kehormatan Bintang Jasa kepada sejumlah tokoh di Istana Negara, Jakarta, Rabu (10/11/2021). Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden

Pemerintah kini mulai fokus menggarap sektor ekonomi hijau (green energi). Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bulan depan pemerintah akan memulai membangun green industrial park di Kalimantan Utara. Green industrial park ini nantinya akan berupa pembangkit listrik tenaga air (PLTA) atau hydro power yang akan memanfaatkan aliran Sungai Kayan.

“Energinya dari green energy dari Sungai Kayan. Sungai Kayan ini kurang lebih nanti bisa memproduksi 11-13 ribu Megawatt. Baru satu sungai,” ujar Jokowi di Kompas100 CEO Forum, Kamis (18/11).

Bacaan Lainnya

Padahal menurutnya Indonesia saat ini memiliki lebih dari 4.400 sungai berukuran sedang hingga besar. Selain Sungai Kayan, Indonesia juga memiliki Sungai Mamberamo yang bisa menghasilkan sekitar 24 ribu Megawatt.

“Ini baru dua sungai. Kalau 4.440 sungai ini dilarikan ke hydro power, kita bisa bayangkan,” ujarnya.

Menurut Jokowi selain hydro power, Indonesia sejatinya juga memiliki potensi ekonomi hijau lainnya seperti geothermal.

Jokowi mengatakan Indonesia harus mulai fokus menggarap sektor ekonomi hijau tersebut. Sebab tidak menutup kemungkinan, pada tahun 2030 nanti negara-negara di Eropa dan Amerika tidak akan mau lagi menerima barang-barang yang berasal dari energi fosil.

“Inilah kekuatan yang harus kita sadari dan segera kita manfaatkan untuk ke depan anak cucu kita. Kekuatan ini yang ingin kita siapkan dan sudah nanti di bulan depan ini kita mulai dengan green industrial park. Satu dulu. Begitu ini jalan akan (ramai),” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *