Jelang Muktamar, KH Said Aqil Sambang ke Kantor PBNU Pertama

  • Whatsapp

SentraBerita.com- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof KH Said Aqil Siradj, Kamis malam (18/11) berkunjung ke kantor PCNU Kota Surabaya. Yakni, di Jalan Bubutan. Kantor itu tidak lain merupakan kantor PBNU pertama sebelum berpindah ke Jakarta.

Prof KH Said Aqil Siradj tiba sekitar pukul 20.15 WIB. Ikut mendampingi, salah seorang jajaran ketua PBNU Robikin Emhas dan Wakil Sekjen Andi Najmi Fuadi. Kedatangan guru besar ilmu tasawuf itu langsung disambut Ketua PCNU Kota Surabaya Dr Muhibbin Zuhri dan beberapa pengurus.

Bacaan Lainnya

Menurut Cak Ibin, panggilan ketua PCNU Kota Surabaya, Prof Said hanya mampir sekitar 15 menit. Sebelumnya, berziarah ke makam Syaikhona KH Kholil di Bangkalan, Madura. Lalu, dilanjut ziarah ke makam Raden Rahmat atau Sunan Ampel dan KH Hasan Gipo (ketua tanfidziyah PBNU pertama) di kawasan Ampel, Surabaya.

‘’Beliau juga bersilaturahmi ke sejumlah kiai di Bangkalan. Satu di antaranya, Kiai Zubair (pengasuh Pondok Pesantren Nurul Cholil, Demangan, Bangkalan, Red),’’ ujar Cak Ibin kepada Jawa Pos, Kamis (18/11) malam.

Dia menyatakan, tidak ada agenda khusus kehadiran Prof Said ke kantor PCNU Kota Surabaya. Cak Ibin menampik kalau kunjungan itu terkait dengan rencana muktamar NU ke-34 di Lampung. ‘’Nggad ada itu. Pesan beliau, terutama pada warga nahdliyyin antara lain seputar Islam yang moderat, tawasuth, tasammuh, dan seterusnya,’’ ungkap dosen UIN Sunan Ampel Surabaya itu.

Apakah dalam kesempatan itu juga tidak disinggung kepastian pelaksanaan muktamar NU ke-34? Cak Ibin menyatakan tidak. Hanya, setelah ziarah di makam Sunan Ampel, ada media yang menanyakan persoalan tersebut. ‘’Beliau menjawab, PBNU akan patuh dan mengikuti kebijakan pemerintah,’’ ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *