Jelajahi Indahnya Alam Sulawesi Bersama MG HS i-SMART

  • Whatsapp

Bacaan Lainnya

INDONESIA dikenal sebagai Negara Seribu Pulau yang terkenal dengan kekayaan dan keindahan alam serta kebudayaannya yang beragam, terbentang luas dari Sabang hingga Merauke yang menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata atraktif di dunia. 

Untuk ikut menggali dan memperkenalkan potensi ini ke seluruh masyarakat, terutama di tengah kondisi yang belum memungkinkan untuk bepergian beramai-ramai, MG menginisiasi #MGDiscoverIndonesia demi menyuguhkan hiburan perjalanan virtual selagi kita semua di rumah saja. 

Setelah sebelumnya #MGDiscoverIndonesia menjelajahi beberapa kawasan wisata di pulau Jawa bersama MG ZS dan MG HS, kali ini MG menggunakan MG HS i-SMART untuk menjelajahi kekayaan wisata alam di Indonesia bagian timur, yaitu Bulukumba dan Tana Toraja di Sulawesi Selatan.

Menikmati segarnya udara pegunungan di Desa Kahayya

Perjalanan dimulai dari Desa Kahayya yang terletak kurang lebih 34 km arah utara dari pusat kota Bulukumba. Nama Kahayya diambil dari Bahasa Konjo, di mana ‘kaha’ berarti kopi dan kata ‘yya’ sebagai penegasan dari kata sebelumnya. 

Besarnya potensi wisata di desa penghasil kopi terbaik ini juga telah menjadikannya sebagai desa wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan kategori berkembang. Namun, lokasinya yang berada tepat di bawah kaki gunung Lompobattang membuat kondisi jalan yang harus ditempuh menjadi sedikit lebih menantang. 

Jalan menanjak dengan kemiringan 15-20 derajat dan lebar jalan yang hanya 3,5 meter menjadi tantangan sendiri bagi MG HS i-SMART yang didukung fitur HSA (Hill Start Assist) dan HDC (Hill Descent Control), plus tombol Super Sport pada setir kemudi untuk mendapatkan perorma lebih bertenaga.

Setibanya di Desa Kahayya, Anda bisa menikmati segarnya udara pada ketinggian 900-2.800 mdpl sambil menikmati hamparan perkebunan kopi yang merupakan salah satu sumber penghasilan bagi masyarakat desa/

Indahnya Pasir Putih di Pantai Tanjung Bira

Selain pegunungan, Bulukumba juga kaya akan destinasi wisata pantai dan laut. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Bira di ujung paling Selatan Pulau Sulawesi yang menyuguhkan pemandangan hamparan pasir putih yang indah dan air laut yang berwarna biru nan cantik.

Adanya fitur Navigation pada Smart Connect MG HS i-SMART membuat Anda tak perlu khawatir tersesat. Fitur Voice Command dari Smart Command MG HS i-SMART juga dapat mempermudah pengendara. Ada pula Electric I-MAX Panoramic Sunroof untuk lebih leluasa menikmati pemandangan alam.

Mangunjungi Titik Nol Bulukumba

Tidak jauh dari Pantai Tanjung Bira, terdapat wisata Titik Nol Bulukumba yang disebut sebagai salah satu destinasi cukup ekstrem karena berada pada titik bertemunya arus angin barat dan angin timur, serta arus laut dari arah Selat Makassar dan Laut Flores. 

Anda dapat berfoto di depan tugu perahu pinisi dan prasasti penanda Titik Nol Bulukumba yang berada di ketinggian 50 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang juga merupakan tempat yang cocok untuk menikmati matahari terbit maupun terbenam.

Dibangun di lokasi yang cukup tinggi dari pantai dan dengan trek pejalan kaki yang cukup panjang, para pemilik MG HS i-SMART tidak perlu khawatir jika lokasi parki jauh dari lokasi yang dituju. Berkat adanya fitur Smart Check, keberadaan mobil dapat terus dipantau melalui aplikasi MG i-SMART pada ponsel pintar. 

Fitur Security Alarm juga dapat langsung memberikan notifikasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada mobil Anda. Selain itu, kondisi mobil pun pastinya juga dapat dipantau, seperti level bahan bakar dan tekanan ban.

Budaya pembuatan kapal pinisi di Desa Tana Beru

Di luar wisata alamnya yang indah, Bulukumba juga kaya akan wisata budaya. Salah satunya ada di Desa Tana Beru untuk melihat masyarakat setempat membangun kapal pinisi secara manual tanpa gambar rancangan bangunan dan sukses meraih sertifikat dari UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda. Perahu dari Desa Tana Beru ini telah melanglang buana ke berbagai negara dan 75% dari pesanan kapal datang dari luar negeri dengan harga miliaran.

Menjajal agrowisata bawang merah di Enrekang

Kabupaten Enrekang dikenal sebagai sentra penghasil bawang merah di Sulawesi. Pada siang hari, Anda akan menikmati suasana pedesaan dengan pemandangan hamparan Gunung Nona dan lukisan langit biru. Di malam hari, Anda akan disuguhi gemerlap lampu sepanjang mata memandang yang berasal dari lampu-lampu pengusir hama di lahan bawang milik petani.

Menikmati pemandangan dari negeri di atas awan Kampung Lolai

Sebelum ke Toraja Utara, tim MG menyempatkan diri mampir di Tana Toraja yang merupakan ikon budaya dan pariwisata Sulawesi Selatan. Tidak hanya budayanya yang amat terkenal di dunia, Tana Toraja menyuguhkan berbagai pilihan wisata alam mulai dari bukit dan pegunungan hingga air terjun yang eksotis. 

Anda dapat dengan puas menyaksikan pemandangan alam Toraja di puncak bukit Buntu Burake pada ketinggian 1.700 mdpl, di mana patung Yesus tertinggi yang ikonik berdiri dengan megah di sini. Setelah itu Anda  melanjutkan perjalanan menuju Kampung Lolai, sebuah negeri di atas awan yang terletak di Toraja Utara untuk menikmati matahari terbit atau terbenam di sela-sela hamparan awan yang begitu menakjubkan.  (S-4)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *