Jalur Garut – Tasikmalaya yang Putus karena Longsor Normal Lagi Malam Ini

  • Whatsapp

SentraBerita.com, Jakarta – Jalan provinsi yang menghubungkan Garut- Tasikmalaya dilaporkan sudah bisa dilintasi kembali malam ini, Sabtu, 25 Desember 2021, setelah dilibas tanah longsor akibat banjir.

Bacaan Lainnya

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Garut Satria Budi, jalur itu sempat terputus akibat longsor.

“Sekitar pukul 19.30 jalan sudah normal kembali dilalui dua jalur,” kata malam ini.

Sebelumnya, sekitar pukul 16.00 WIB, terjadi longsor yang didahului hujan deras. Menurut Satria, tanah tebing di Kampung Cigangsa, Desa Sukamaju, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, ambrol menutupi jalan raya.

“Panjangnya sekitar 20 meter setinggi 5 meter longsorannya.”

Longsor itu juga dipicu oleh saluran air pertanian di atas bukit. Airnya meluap jatuh ke tebing sehingga terjadi tanah longsor.

Akibat tanah longsor itu, Kepolisian mengalihkan arus lalu lintas jalur selatan Jawa Barat itu. Dari arah Tasikmalaya ke Garut menjadi lewat Malangbong, Limbangan, lalu Kota Garut.

Sebaliknya dari Garut ke Tasikmalaya melewati rute yang sama hingga keluar di Gentong.

Selain di Cilawu, longsor juga dilaporkan terjadi di Kecamatan Telegong Kabupaten Garut pada tiga desa yaitu, Mekarmulya, Mekarwangi, dan Selaawi.

“Teman-teman masih memeriksa kondisi di sana,” kata Satria.

Laporan sementara dari BPBD, hingga pukul 18.00 WIB pada Sabtu, 25 Desember 2021, akses jalan menuju lokasi bencana masih sulit dilewati karena jembatan terputus. Akses sementara memakai jembatan darurat buatan warga.

Bencana banjir dan tanah longsor di Talegong dilaporkan BPBD Kabupaten Garut mengakibatkan empat rumah warga rusak berat, sebuah balai rukun warga, dan dua jembatan.

Tiga bangunan pendidikan anak usia dini juga rusak berat, pun sebuah unit Posyandu serta sebuah sekolah dasar.

Tanah longsor juga membuat dua jalur jalan terputus dan 30 rumah warga terancam longsor. Masyarakat yang terkena banjir dan tanah longsor mengungsi ke rumah kerabat.

Baca: Musim Hujan, Jawa Barat Siaga Satu Bencana Banjir dan Longsor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *