Jaga Kebugaran, Ibu-Ibu Babakanreuma Rutinkan Senam Aerobik

  • Whatsapp

KUNINGAN (MASS) – Sudah sekitar 2 bulan terakhir, ibu-ibu blok Kaliwon Parenca Desa Babakanreuma Kecamatan Sindangagung, rutin senam aerobik bersama.

Senam aerobik itu, dilakukan dua kali dalam seminggu di halaman rumah Ria Ratnawahyuni. Senam, rutin dilakukan pada hari Selasa dan Sabtu.

Senam aerobik ini diinisiasi mulanya oleh Selviana Arminati atau yang akrab disapa Teh Evi. Kegiatan kemudian berjalan setelah disupport dan ada space tempat Ria.

Pada kuninganmass.com, Evi menyebut awalnya terfikir senam aerobik bersama di bloknya, karena waktu itu, jika ingin senam harus ke desa tetangga.

“Gimana caranya ibu-ibu bisa melakukan aktifitas tapi bisa meluangkan waktu senam dengan jarak yang dekat. Kalo dekat kan pada mau,” ujarnya Senin (11/10/2021) sore.

Awalnya, dirinya juga tidak menyangka kegiatan itu diminati banyak ibu-ibu di sekitarnya.

Mungkin, karena tempat yang dekat, ibu-ibu itu bisa meluangkan waktunya, dapat ijin suami, bahkan bawa anak ke lokasi senam.

Disebutkannya, ada sekitar 20 sampai 30 ibu-ibu yang mengikuti senam. Tentu, itu di luar ekpektasinya karena hanya untuk lingkup di lingkungan blok saja.

“Pengen olahraga, tapi untuk keliling kampung mah gak ada waktu, apalagi sore kan, pada punya anak. Kalo jarak dekat mah kan enak,” ujarnya lagi.

Kegiatan sendiri banyak diikuti ibu-ibu muda, meski ada juga yang belum menikah.

Menurut Evi, kegiatan senam aerobik jni sangat penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Juga jadi kesenangan berkumpul dan meluapkan expresi.

Intstruktur Senam Aerobik Dedeh juga menjelaskan, apa yang diajarkannya pada ibu-ibu blok Parenca Kaliwon itu biasanya senam aerobik, Body Language (BL), dan sesekali hiburan dangdut.

“Kalo aerobik dominan ke pembentukan, kebugaran. Tapi ya intinya si sama ya kalo olahraga, untuk kesehatan. Kalo rutinitas biasa, cuman berkeringet biasa, tapi kalo aerobik itu ya beda (aktifitas seluruh fisik),” jelas perempuan adal Desa Kertaunggaran tersebut.

Dedeh sendiri, merupakan instruktur senam aerobik yang sempat mengenyam pendidikan instruktur di LKP HBC Cirebon. Dirinya sudah lulus ujian pendidikannya, tinggal menunggu ujian negara.

“Ngajar disini itu asyik, semangat ibu-ibunya luar biasa. Mereka juga makin kesini makin bisa ngikutin apa yang saya intruksikan,” imbuhnya.

Senam aerobik dan BL sendiri, biasanya dimulai sejak pukul 16.00 WIB. Kegiatan senam, diikuti dengan riang gembira oleh ibu-ibu, hingga pukul 17.00 lebih. (eki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *