Indonesia akan mulai menerima pengiriman vaksin Pfizer pada bulan Agustus | Sentra Berita

  • Whatsapp

Setidaknya 50 juta dosis vaksin dari perusahaan farmasi dan bioteknologi Amerika Pfizer diperkirakan akan tiba secara bertahap di Indonesia mulai Agustus, kata Kementerian Kesehatan negara itu.

“Pfizer [vaccine] akan tiba secara bertahap mulai Agustus. Total ada 50 juta dosis, dengan perkiraan 5-12 juta dosis masuk setiap pengiriman setiap bulannya,” kata juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi pekan ini.

Bacaan Lainnya

Nadia mengatakan, kedatangan vaksin Pfizer akan membantu percepatan program vaksinasi nasional pada semester kedua tahun ini.

Indonesia sejauh ini telah mendatangkan 104,7 juta dosis vaksin dalam bentuk curah dan siap pakai. Program vaksinasi nasional sebagian besar bergantung pada vaksin dikembangkan oleh perusahaan farmasi Cina Sinovac dan vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Anglo-Swedia AstraZeneca, yang terakhir diterima negara tersebut melalui inisiatif COVAX yang didukung WHO.

Indonesia juga diperkirakan akan menerima 50 juta dosis vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi Amerika Novavax, dengan pengiriman pertama dijadwalkan tiba pada bulan Juli.

Baca juga Indonesia akan mulai menerima pengiriman vaksin Novavax pada bulan Juli

Penny K. Lukito, yang mengepalai Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), mengatakan bahwa badan tersebut belum menerima pendaftaran atau permohonan izin penggunaan darurat (EUA) untuk penggunaan vaksin Pfizer di Indonesia.

Program vaksinasi nasional baru memasuki tahap ketiga, menargetkan 141,3 juta orang berisiko dan masyarakat umum. Tahap ini masih dilaksanakan secara bertahap di beberapa daerah, namun akan dimulai di 34 provinsi di Indonesia mulai Juli mendatang.

Lebih dari 23,5 juta orang telah menerima suntikan COVID-19 pertama mereka di Indonesia, menurut data dari Kementerian Kesehatan, sementara lebih dari 12,3 juta orang telah divaksinasi lengkap, mewakili sekitar 4,6 persen dari total populasi. Indonesia menargetkan untuk memvaksinasi 70 persen populasinya, atau 181 juta orang, pada awal 2022.

Baca juga:

Hong Kong melarang semua penerbangan penumpang dari Indonesia yang ‘berisiko sangat tinggi’

Rizieq Shihab mendapat 4 tahun karena kesalahan informasi dalam kontroversi tes swab

Belum perlu truk angkut jenazah pasien COVID-19 Jakarta: pejabat

Berlangganan The Sentra Berita Podcast untuk berita dan budaya pop trending teratas dari Asia Tenggara dan Hong Kong setiap hari Jumat!

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *